Thursday, 22 September 2016

Yuk Mulai Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut



            Beberapa waktu yan lalu saya sempat uring-uringan karena gigi berlubang. Rasa sakitnya lumayan mengganggu bahkan saya sempat menangis karena tidak tahan dengan sakitnya. Percaya dech pasti banyak yang milih sakit hati daripada sakit gigi hehehe. Saya sendiri sebenarnya memang punya masalah dengan gigi sehingga harus benar-benar  Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut.
            Sebenarnya bukan hanya gigi yang berlubang dampak negative dari kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nafas bau, karang gigi, gigi kuning, gigi keropos dan lain sebagainya bisa hinggap bila kita tidak telaten dalam membersihkan gigi. Sehingga kesehatan gigi menjadi terganggu. Ada beberapa kebiasaan baik yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.
            Hindari soft drink dan minuman berwarna.
            Intinya sech minum air putih lebih sehat buat badan dan juga buat kesehatan gigi dan mulut. Kenapa? Karena soft drink biasanya akan membuat gigi menjadi kuning dan juga membuat keropos. Apalagi kalau setelah minum soft drink lupa ga sikat gigi. Zat pemanis di minuman tersebut bisa menempel dan juga membuat gigi berlubang bila tidak dibersihkan secara optimal.
            Jangan minum air dingin dan makanan panas berbarengan.
            Siapa yang suka makan bakso dan minumnya es teh ngacung! Saya sendiri dulu juga seperti itu karena seger aja rasanya setelah merasakan pedasnya bakso lalu minum es teh. Padahal seharusnya saat kita memakan makanan yang panas, kita juga harus minum dengan air hangat. Hal ini supaya gigi tetap sehat dan tidak keropos. Apalagi bila memiliki gigi sensitive, ada baiknya menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin.
            Sikat gigi minimal dua kali sehari
            Ini merupakan sesuatu hal yang wajib bila kamu ingin menjaga kesehatan gigi. Sikat gigi di pagi hari dan juga di sorehari bahkan bisa ditambah di malam hari sebelum tidur. Sikat gigi bukan untuk memutihkan gigi ya, tapi untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan juga untuk menjaga enzim gigi agar tidak berlubang. Terlalu sering sikat gigi juga tidak bagus ya teman. Karena justru akan merusak lapisan gigi.
            Sikat gigi sebelum tidur.
            Ini adalah salah satu kebiasaan yang paling sulit dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saya sendiri juga baru memulai kebiasaan ini sekitar beberapa waktu yang lalu. Kenapa sech harus sikat gigi sebelum tidur? Jadi dalam gigi ita pasti ada sisa makanan yang menempel. Bila sebelum tidur tidak kita hilangkan, maka zat itu akan berubah menjadi asam dan merusak lapisan gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Sikat gigi sebelum tidur juga mencegah kita buat ngemil sebelum tidur lho. Jadi double manfaat yang bisa kita dapat dari sikat gigi sebelum tidur.
            Berkumur dengan mouthwash.
            Berkumur dengan mothwash setelah sikat gigi mungkin masih belum familiar ya. Padahal manfaat berkumur dengan mouthwash dapat membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Sehingga kesehatan gigi dan mulut bisa terjamin. Salah satu pilihan mouthwash yang harus kamu coba adalah LISTERINE®. 

            Itu tadi beberapa kebiasaan baik yang dapat kita lakukan agar gigi dan mulut kita sehat. Tentu saja kebiasaan ini harus dilakukan dengan konsisten. Bila dilakukan hanya sesekali maka tidak mungkin bila akan terkena penyakit gigi dan mulut. Selain itu  bila gigi dan mulut sehat akan menambah rasa percaya diri kita saat berhadapan dengan orang lain. Jadi yuk mulai jagaKesehatan gigi dan mulut kita.

Baca : Disclosure

2 comments:

  1. Penting banget jaga kesehatan gigi ya, mb. Biar ga gampang sakit gigi.

    ReplyDelete
  2. iya mba..kalau udah sakit gigi berjuta rasanya..

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text