Wednesday, 1 March 2017

Susu Friso Sahabat Ibu



            Salah satu hal penting yang harus diketahui oleh calon orang tua adalah betapa pentingnya 1000 hari kehidupan pertama pada anak. 1000 hari kehidupan pertama pada anak menjadi tolak ukur masa keemasan seorang anak. Tidak hanya nutrisi tapi juga motorik anak juga perlu diperhatikan pada masa ini. Karena bila dalam masa ini pertumbuhan anak terganggu, maka akan berpengaruh dalam pertumbuhan selanjutnya. Untuk membantu masa keemasan, Susu Friso dapat diandalkan oleh Ibu sebagai tambahan nutrisi

Apa Sebenarnya 1000 Hari Kehidupan?

            1000 hari kehidupan pertama dimulai saat janin mulai terbentuk dalam rahim sampai Sembilan bulan (270 hari) lalu saat anak lahir sampai berusia dua tahun. Masa – masa ini orang tua harus memperhatikan betul asupan yang makanan yang akan diberikan pada anaknya. Karena pada saat itulah organ penting pada anak sedang berkembang. Jangan sampai sang anak mengalami malnutrisi yang akan mengganggu pertumbuhan anak sampai besar. Ada beberapa masa yang harus diperhatikan.

Masa Kehamilan

            Masa – masa kehamilan merupakan paling penting dalam 1000 hari kehidupan pertama. Hal ini dikarenakan saat kehamilan, janin dalam rahim mulai tumbuh organ – organ vital. Hal ini tentu harus di dukung dengan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembang janin tidak terganggu. Biasanya saat trimester pertama sang ibu akan merasa morningsickness dan akan susah makan. Hal ini tentu akan berdampak pada janin. Oleh karena itu saat kehamilan susu ibu hamil akan membantu nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil selama Sembilan bulan. Sehingga perkembangan janin dapat tumbuh dengan sempurna.
            Saya sendiri mengalami trimester pertama yang tidak mudah. Susah makan, tidak bisa mencium bau menyengat, bahkan minum pun bisa membuat muntah. Perlu tekad yang kuat bagi seorang ibu melalui trimester pertama. Lalu saat trimester kedua kebutuhan akan zat besi meningkat karena organ vital janin sudah mulai terbentuk. Biasanya sang ibu akan merasa pegal dan bahkan bisa juga mengalami gusi bengkak karena kurang kalsium. Begitu pula saat memasuki trimester ketiga saat janin mulai siap untuk lahir. Sang ibu perlu mendapatkan nutrisi yang cukup sebagai persiapan untuk melahirkan dan janin yang semakin besar.
susu-ibu-hamil

Saat Bayi Lahir sampai enam Bulan

                Saat bayi lahir bukan berarti kebutuhan nutrisinya terlepas dari sang ibu. Karena nutrisi paling bagus bagi seorang bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Oleh karena itu seorang ibu diharapkan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan agar 1000 hari kehidupan pertama  sang anak berjalan sesuai harapan. Ibu juga harus menjaga asupan makanannya untuk menjaga kualitas ASI yang dikonsumsi oleh sang bayi.
                Selain memperhatikan ASI tentu saja perkembangan motorik harus juga diperhatikan agar dapat memantau tumbuh kembang sang anak. Berat ya?  itulah kenapa seorang ibu harus selalu belajar agar dapat terus memperhatikan tumbuh kembang buah hati. Tentu saja peran ayah juga penting ya dalam tumbuh kembang anak.

Usia Enam Bulan Sampai Dua Tahun

                 Setelah usia enam bulan, sudah saatnya bayi mendapatkan Makanan Pendamping ASi (MPASI). Hal ini tentu diperlukan karena usia enam bulan biasanya bayi mulai aktif dan membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu pemberian ASI saja tidak cukup. Bila memang diperlukan bayi bisa diberi tambahan susu pertumbuhan anak untuk mendapatkan tambahan nutrisi. Susu Friso sendiri selain memperhatikan kebutuhan ibu hamil juga memperhatikan pertumbuhan anak. itulah kenapa Susu Friso menjadi sahabat ibu dalam masa keemasan Anak.
                1000 Hari Kehidupan Pertama bukanlah hanya tanggung jawab ibu atau ayah tapi juga tanggung jawab kita bersama agar tak ada lagi anak – anak yang malnutrisi dan menggangu pertumbuhan mereka. Bila setiap rumah memiliki pengetahuan tentang 1000 Hari Kehidupan pertama anak, maka Indoensia akan memilki Generasi Muda yang kuat dan cerdas.
                Mudah – mudahan postingan ini bisa bermanfaat. Yuk sharing tentang 1000 Hari Kehidupan Pertama ananda..
           

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text