Friday, 16 June 2017

Favorit Takjil Buka Puasa




            Salah satu hal yang paling saya kangenin saat Ramadhan adalah bisa menikmati makanan yang hanya disajikan di bulan Ramadhan. Entah itu jajanan tradisional ataupun masakan mama. Keluarga kami pun memiliki Takjil buka puasa favorit yang biasanya sering disediakan oleh mama. Apa aja Takjil buka puasanya?

Puli

                Salah satu jajanan tradisional tegal yang hanya ada di bulan Ramadhan adalah Puli. Puli sendiri terbuat dari tepung ketan. Bentuknya seperti sepatoh bola. Dan saat ada yang membeli akan di iris dengan pisau yang tajam. Biasanya satu porsi terdiri dari tiga lembar puli. Setelah diiris di balur kelapa parut dan diberi gula merah. Meskipun hanya tiga lembar sudah cukup kenyang. Walaupun biasanya saya pribadi makan dua porsi hehehe.
entah kenapa pose makanannya kok gini ya hehehe

Kolak Labu

                Kolak Labu salah satu takjil buka puasa favorit keluarga kami. Biasanya mama akan beli satu labu atau beli yang sudah dipotong. Kolak Labu ini menjadi favorit karena biasanya banyak di jual di pasar dan labunya sendiri empuk dan manis bila memilih labu yang pas. Kolak labu akan semakin sedap bila dimasak sekalian dengan bijinya (itu pendapat probadi Ayah saya sech).  BIla kolak labu disajikan sudah dipastikan tidak akan tersisa. Kalau pun sisa biasanya akan dimasukan kedalam lemari es. Dimakan dalam keadaan dingin pun masih oke.

Pisang Bakar

                Berhubung kebun mbah seang panen pisang gepeng (ga ngerti bahasa Indonesianya apa), jadi menu Takjil berbuka puasa biasanya juga diselingi dan pisang bakar. Cukup mudah membuatnya pisang gepeng di teken supaya lebih gepeng. Panaskan Teflon lalu pisang dibakar di atasnya dengan api kecil sembari di olesi mentega sedikit. Setelah agak cokelat angkat dan bisa kasih toping sesuai selera.

Aci

                Nah ini pun biasanya hanya muncul saat bulan ramadhan. Biasanya di jual berbarengan dengan penjual Puli dan juga jajanan tradisional lainnya. Aci ini di masak pake ungkweh (saya ga paham bahasa Indoensianya..maapkan).  Model masaknya kaya bikin agar – agar hanya saka teksturnya ga terlalu kenyal ya. sediakan Loyang yang udah ada irisan pisang, adonan ungkweh masukan ke Loyang. Voila! Tunggu dingin dan di sajikan dengan parutan kelapa. Oiya ini beda dengan Tahu Aci ya. Kalau Tahu Aci, Acinya dari tepung kanji. 

Gemblong ocar acir

                Nah! pasti udah tahu kan ya bentukan gemblong kayak apa. Jajanan pasar yang terbuat darfi singkong dan berwarna kuning. Kalau biasanya disajikan dengan parutan kelapa saja, kalau bulan puasa entah kenapa untuk takjil buka puasa di tambahkan gula merah. Caranya dengan di ocar acir di atas gemblongnya. Makanya di namakan gemblong ocar – acir.

Teh Poci

                Sekarang kita bahas minumannya ya. Kalau untuk keluarga kami, salah satu minuman yang harus ada adalah Teh Poci alias medang.  Pocinya berasal dari tanah liat khas kota Tegal. Rasanya setelah seharian puasa dan buka dengan teh poci rasanya nyes banget. Langsung keluar keringet seger. Jadi kalau ke Tegal ga afdol kalau belum merasakan kenikmatan teh poci.

Itu tadi menu Favorit Takjil Buka Puasa keluarga kami. Siapa tahu bisa menginspirasi teman – teman buat buka puasa nanti. Eh kalau teman – teman sendiri biasanya Takjil buka puasa khas di kota teman – teman apa aja?sharing dong

1 comment:

  1. Pisang bakarnya bikin laper juga ni mbak .. kebetulan blm mkn siang

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text