Thursday, 16 June 2016

Tips Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat



Mom's salah satu momen kebahagiaan tak terhingga adalah saat melihat test pack bergaris dua. Bagi saya hal itu amazing sekali. Karena kalau di ingat lagi saat itu saya sedang banyak sekali kegiatan yang membuat fisik cepat lelah. Tak dinyana saya justru di nyatakan positif hamil. Trimester pertama bisa juga dibilang hamil muda. Masa ini paling rawan jadi harus hati hati dalam menjaganya. Ada beberapa tips ibu hamil muda yang mungkin bisa mom's lakukan.

Pilih Makanan Yang Bergizi
Salah satu hal yang dapat membantu perkembangan janin adalah asupan yang bergizi dari makanan si ibu. Untuk kehamilan trimester pertama asupan zat folat dan kalsium sangat dibuhkan oleh janin. Karena pada masa ini adalah pembentukan otak dan janin. Asupan makanan yang benar akan membuat janin terhindar dari cacat otak. Salah satu masalah lain dalam trimester pertama adalah adanya morning sickness. Biasanya sang ibu akan merasa mual bahkan muntah. Mom’s biasanya sang ibu akan menjadi kapok makan. Saya sendiri mencoba mengatasi morning sickness dengan makan sedikit tapi sering. Kenyang biasanya justru akan menambah rasa mual. Juga mengemil makanan yang sehat paling tidak tiga jam sekali. oiya! Ingat ya mom’s hindari makanan yang berpengawet, MSG dan juga usahakan hindari daging mentah agar tidak terkena bakteri yang membahayakan janin.
Cek Darah.
Saat usia kandungan memasuki tiga bulan kebetulan saya dianjurkan untuk melakukan ANC Terpadu di puskesmas. Salah satu hal yang dilakukan disana adalah cek darah. Cek darah yang dilakukan di sana meliputi cek Hb(Hemaglobin), Anti HIV, Golongan darah, gula darah dan kolesterol. Cek Hb untuk mengetahui apakah sang ibu mengalami anemia atau tidak. Jika jumlah hb dibawah standar maka perlu dilakukan berbagi terapi untuk meningkatkan hb. Biasanya melalui penambah darah dan juga makanan. Karena jika hb rendah bisa berakibat tidak baik bagi perkembangan janin dan juga sang ibu. Apalagi untuk persiapan melahirkan biasanya akan mengeluarkan banyak darah. Ibu yang memiliki hb rendah dan terindikasi anemia biasanya akan membutuhkan transfuse darah. Jika cek darah dilakukan di labarotorium swasta maka mom’s bisa juga sekalian screening TORCH.
Olah Raga Ringan.
Mom’s menjadi seorang ibu hamil muda bukan berarti kita tidak boleh olah raga ya. hamil muda boleh berolahraga ringan seperti jalan pagi dan sore. Jalan pagi dan sore sambil menghirup udara segar dapat membuat sang ibu segar dan juga memberikan oksigen pada janin. Tentu saja jangan sampai kelelahan ya mom’s harus disesuaikan dengan kondisi badan.
Jangan Memendam Perasaan Negatif
Mom’s dulu saat saya hamil muda terkadang segala sesuatu menjadi salah. Bahkan terkadang terlalu banyak yang saya khawatirkan dan pada akhirnya menangis. Kehamilan memang terkadang membuat sang ibu menjadi mellow dan sensitive luar biasa. Jadi alangkah baiknya sang ibu memberitahukan kepada anggota keluarga lain dan suami apa yang membuatnya nyaman. Seringlah mengobrol dengan beberapa sahabat atau keluarga untuk sekedar berbagi kekhawatiran. Jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran anda.
Lebih Dekat dengan Allah.
Sebagi manusia sudah tugas kita untuk menjaga apa yang telah sudah di amanahkan kepada kita. Tapi semuanya tentu akan kehendak Allah SWT. Karena sayaseorang muslim selama hamil ibdah jadi lebih intens. Sholat wajib di lakukan tepat waktu, sunnah dikerjakan dan tidak lupa dzikir. Karena Allah maha pelindung segalanya. Biasanya setelah itu perasaan jadi damai dan membuat saya menjadi rileks dan tenang.
Perkembangan Janin dua bulan sumber dok.Pribadi

Mom’s itu tadi beberapa tips ibu hamil muda agar janin sehat yang pernah saya lakukan. Tentu saja sebagai calon ibu butuh banyak informasi lagi agar kita menjadi ibu yang cerdas. Mom’s bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat salah satunya di www.ibudanbalita.com.
Semoga bermanfaat ya dan mudah-mudahan bagi yang sedang hamil dilancarkan segala prosesnya sampai melahirkan bayi dan ibu sehat. yuk barangkali ada yang mau sharing apa yang dilakukan pas mom’s hamil!Siapa tahu bisa menambah informasi bagi yang membutuhkan.

16 comments:

  1. Kalo yang berbau suntikan slalu bikin hati kecut.hehehe takut jarum suntik.tapi klo untuk kebaikan spt ibu hamil ya harus dipaksakan berani dah☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah berhubungan dengan anak ibu jadi pemberani ya mba

      Delete
  2. Bau negatif... aku pas hamil mah sensi banget. Hamil.muda ada masalah sama sepupu suami sampai kami bertengkar hebat... *eh curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh iya kah mba?sekarang udah baikan kan *kepo balik hehehe

      Delete
  3. Pas hamil, aku berdoa supaya janinnya sellaus ehat, mba. Amin amin. Paling penting ya menjaga kesehatan ya mba. Makasih ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba saya juga setiap sholat selalu berdoa seperti itu sehat semua lahiran lancar..

      Delete
  4. Saya dulu pas hamil sering sensi, apalagi tinggal berdua aja sama ibu mertua krn suami kerja d surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh tuch kan banyak bumil yang sensi...aku tak sendirian...

      Delete
  5. Yang penting happy ya mba kalau lagi hamil mah. Insya Allah everything will be okay. Duh jadi kangen hamil. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kalau liat ada yang hamil jadi pengin hamil lagi hehehe

      Delete
  6. Iya mba. Cek darah juga penting buat kelahiran nanti... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pas melahirkan cek darah dulu mba..

      Delete
  7. Ibu yang cerdas memang harus mencari informasi/ilmu sebanyak-banyaknya ya, dari sejak hamil muda ... Supaya bisa menemani tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba..saya pun menyesal karena pas hamil ga cari informasi tentang proses melahirkan sc..pas kejadian kaget dah..

      Delete
  8. Ibu hamil itu selain harus sehat fisik juga harus sehat mental ya. Dulu aku keguguran di hamil kedua juga karena stres trauma keguguran di hamil pertama. Kalau nanti udah hamil lagi bisa kupraktekan tips ini ah.

    ReplyDelete
  9. Waktu hamil, dokter cuma sekali minta aku cek darah, saat bulan pertama kehamilan.
    Tips nya berguna nih buat ibu hamil, setuju untuk jangan memendam perasaan negatif, pikir yang positif2 aja :)

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text