Friday, 3 March 2017

Kenali Tahapan Perkembangan Janin



            Salah satu kebahagiian terbesar adalah saat dokter kandungan mengatakan bahwa ada kantung kehamilan dalam rahim saya. Rasanya seperti diberikan rejeki yang luar biasa besar mengingat saya memiliki KIsta dan di vonis akan susah memiliki anak. Saat itu sempat bertanya apakah Kista yang ada dalam rahim akan menggangu Perkembangan Janin. Alhamdulillah dokter mengatakan bahwa saya hanya harus fokus dengan kehamilan dan memperhatikan kehamilan. Kenapa? Karena kehamilan adalah awal dari 1000 kehidupan pertama anak.
            Akhirnya sejak saat itu mulai rajin mencari tahu tentang Perkembangan Janin di setiap trimester agar saya bisa terus memberikan yang terbaik bagi Janin dalam rahim. Hal ini dikarenakan setiap Trimester membutuhkan nutrisi yang berbeda sesuai dengan Umur Janin. Yuk kita cari tahu.

Trimester Pertama

                Awal memeriksakan diri ke dokter kandungan, saya sama sekali tidak merasa mual dan masih enak dalam hal makanan. Sayangnya tiga hari setelah periksa justru saya mengalami morningsickness yang lumayan parah. Makan dan minum semua dimuntahin. Padahal Trimester Pertama janin membutuhkan nutrisi yang terbaik.
                Pada Trimester Pertama Janin mulai membentuk sel otak, sel syaraf dan juga sudah ada aliran darah yang terhubung dengan sang ibu. Oleh karena itu penting bagi seorang ibu menjaga nutrisinya agar pembentukan otak sang janin dapat tumbuh dengan baik. Salah satu nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan diantaranya asam folat. Jika seorang kekurangan asupan gizi terutama asam folat maka di khawatirkan sang janin akan terlahir dengan kecacatan. Jadi penting bagi keluarga untuk mensuport sang ibu agar dapat makan dan nyaman dalam kehamilan. Trimester Pertama juga mulai tumbuh cikal bakal tangan, kaki, dan organ lainnya.

Trimester Kedua

                Nutrisi Ibu Hamil semakin dibutuhkan saat memasuki Trimester kedua. Pada masa ini janin mulai bergerak dan mulai memberikan respon. Saya ingat pertama kali merasakan getaran dalam perut. Saya kira perut kelaparan, tapi ternyata itu adalah getaran pertama dari janin dalam perut. Trimester kedua biasanya rasa mual mulai mereda. Hanya saja bagian ulu hati kadang merasa nyeri karena janin sudah mulai menekan. Janin Sehat mulai memiliki jadwal yang teratur saat bergerak. Dulu Umar anak saya akan bergerak saat pagi dan malam hari. sedangkan Siang hari cenderung anteng.
                Pada masa ini Kebutuhan nutrisi ibu hamil semakin meningkat terutama Kalsium. Karena pada masa ini Janin mulai membutuhkan banyak kalsium. Dan bila kalsium tidak tercukupi akan mengambil dari kalsium tulang sang ibu bahkan gigi. Oleh karena itu banyak ibu hamil yang mengeluh badannya pegal dan sakit gigi. Sewaktu hamil pun saya masih ingat salah satu vitamin yang diberikan bidan adalah kalsium dan obat penambah darah.

Trimester Ketiga

                Trimester Ketiga merupakan masa yang paling berat bagi seorang ibu. Karena Janin mulai besar dan semakin menekan organ dalam ibu. Pada masa ini pendengaran, dan fungsi mata sudah baik dan mulai ada respon. Janin mulai sering menendang dan bahkan tendangan tersebut dapat terlihat dari luar. Saya suka gemes saat Umar menendang perut dan terlihat dari luar. Rasa lelah seakan hilang semua karena Janin dapat tumbuh dengan sehat. Ada beberapa ibu hamil yang merasa sesak nafas dan ada juga yang memiliki masalah kesulitan tidur. Hal ini tentu harus dikonsultasikan dengan SPOG.
perkembangan-janin
sumber:google

                Mudah – mudahan postingan ini bisa bermanfaat buat teman- teman .informasi perkembangan Janin ini sangat diperlukan tidak hanya bagi seorang ibu tapi juga keluarganya. Agar sama – sama menjaga Perkembangan Janin agar selalu sehat.

1 comment:

  1. trimester ketiga yang paling berat ya, mba. tidur udah ga bisa gulang guling sesukanya. :D

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text