Wednesday, 16 May 2018

Cara Ber- Makeup untuk Wanita Berhijab



Cara Ber-Makeup untuk Wanita Berhijab
            Berhias atau ber makeup adalah salah satu hal yang sangat fitrah bagi wanita. Kalau kata ustad saya, pernah bilang kalau berhia juga bisa jadi bukti raa yukur kita kepada Allah SWT. Tetapi karena kita seorang muslimah tentu ada beberapa cara ber – makeup untuk wanita Berhijab yang harus diperhatikan. Supaya saat Sholat pun sah dan air wudhu tidak mengahali kulit. Dan juga make up yang tidak merubah bentuk. Ini juga hasil dengerin ceramah ustadzah Halimah Alaydruz dan beberapa beauty vlogger yang lumayan kenceng tentang makeup Muslimah. Apa aja ya yang harus diperhatikan?

            Makeup Waterproof
            Salah satu makeup yang saat ini lagi di gandrungi adalah makeup waterproof. Biasanya ada di mascara atau pun eyeliner. Hal sepele tapi bisa membuat tidak sah nya wudhu karena air tidak menembus kulit. Kurang paham apakah brand yang sudah bersertifikat halal itu waterproof atau tidak. Masalahnya saya sendiri ga terlalu suka pakai mascara. Terus kalau ngantor atau kuliah gimana dong? Bijaknya memang sediakan rempver di tas atau pouch kamu ya sist, supaya bisa di hapus dan Insya Allah lebih lega di hati buat berwudhu. Ribet memang harus dandan lagi dari awal. Tapi itu jauh lebih baik dibandingkan tidak sah nya sholat kita. Mungkin kalau temen kerja saya baca ini pasti ngeh kenapa tiap waktu sholat saya ribet dengan kapas dan remover hehehhe.

            Cukur Alis
            Alis itu bingkainya wajah kita. Beda bentuk alis akan membuat wajah kita terlihat berbeda juga. Tetapi tidak sedikit juga wanita muslimah yang memiliki alis tidak serapih yang diinginkan. Dan kadang banyak juga yang mencukur habis alisnya demi bentuk alis idaman. Menurut Ustadzah Halimah Alaydruz boleh merapikan alis asalkan alis yang dicukur tidak mencapai sepertiga dari alisnya. Misalnya merapikan alis yang keluar dari jalurnya. Atau mungkin alis yang mengganggu. Karena kalau mencukur habis alis dan membentuknya lagi, itu sama aja kayak merubah ciptaan Allah SWT.


            Sulam Wajah
            Maksudnya kaya sulam Alis lah, Sulam Bibir lah itu termasuk cara bermakeup yang dilarang karena sekali lagi merubah bentuk yang sudah Allah kasih. Jadinya malah kayak kurang bersyukur ya. sama hal nya dengan extension bulu mata atau rambut. Menurut Ustadzah Halimah Alaydruz hal semacam itu juga sama saja merubah ciptaan Allah SWT.

            Berhiaslah untuk Suami
            Salah satu alasan seorang wanita yang sudah memiliki pasangan adalah agar sedap dipandang oleh suaminya. Karena salah satu ciri istri sholehah adalah saat suami memandangnya akan terasa menyenangkan. Karena saat memandang lawan jenis yang di halalkan adalah memandang pasangan kita. Jangan sampai salah kaprah ya sist, pas ke luar rumah dandan, wangi, rapi. Tapi pas suami di rumah anteng pakai daster hehehe.
            Ada berbagai macam cara ber makeup para wanita, tapi bagi kaum muslimah tentu ada beberapa yang tidak sesuai dengan kaidah fiqih. Jadi memang harus berhati – hati apalagi menyangkut sah dan tidaknya suatu ibadah. Ber makeup pun harus bisa menempatkan kondisi dan event juga ya. Agar terlihat lebih pas. Apalagi sebagai muslimah yang berhijab agar tidak menjadi magnet bagi lawan jenis.
            Mudah – mudahan postingan

1 comment:

  1. Saya juga memperhatikan banget kandungan dalam prosuk make up. Jangan sampai membuat air wudhu tidak meresap karena waterproof.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih