Belajar Jadi Blogger Full Time




          Tidak pernah ada bayangan bakalan serius dalam urusan blog. Karena tadinya ngeblog ya cuman pengin sharing dan belajar untuk menulis lagi. tapi ternyata sebenarnya blogger ini bisa juga jadi sebuah pekerjaan bagi ibu rumah tangga macam saya. Apalagi saya juga sering lihat komunitas blogger yang rata – rata ya perempuan yang sudah menikah dan punya anak dan bisa banget dapat pendapatan dari blog.
          Saya sendiri pun tidak memungkiri kadang mendapatkan penghasilan bila ada job placement ataupun menulis konten sendiri. cukup luangkan waktu sejam atau dua jam selesai. So simple tanpa harus meninggalkan anak. walaupun memang yang berat ketika ada event di luar kota. Karena saya blogger daerah plus punya anak juga agak susah buat mengkondisikan datang.
          Tapi halangan itu ga bikin saya jadi patah semangat. Jadi kenapa tidak belajar untuk menjadi Blogger Full Time saja. Selain bsia memberikan manfaat kepada pembaca, juga bisa menghasilkan materi. Nah selain say abaca juga tips dari mba Ila disini. Saya juga punya versi belajar jadi Blogger Full Time.
          Terus Perbaiki Konten
          Kebetulan memang saya sedang berusaha memisahkan niche dari blog ini. Jadi untuk parenting dan urusan buku da film saya akan tulis di blog lain. inginnya blog ini fokus ke hal umum dan juga perempuan atau pun kesehatan. kenapa kesehatan? karena kebetulan saya aktif di PKK dan kadang sering juga mendapatkan undangan dari dinas kesehatan. Jadi walaupun memang saya bukan nakes, tapi bisa berbagi informasi dari sumber yang terpercaya. Blog ini sebenarnya memiliki masing – masingf niche minimal ada lima blog. Sengaja juga karena ini blog domain pertama dan jadi jalan saya untuk menggaet klien, jadi masing – masing niche adalah di label heheheh. Doakan supaya bisa konsisten mengisi blog yang lain sesuai niche dan bisa ber domain.
          Banyak membaca
          Pastinya seorang Blogger harus memiliki banyak pengetahuan yang harus di share dengan membaca. Jangan sampai menulis sesuatu tanpa dasar ilmunya. Akan lain masalahnya bila memang hanya curhat semata. Banyak membaca akan mebuat kita juga menyerap kata – kata yang baru dan gaya penulisan dalam blog. Jadi jangan malas untuk baca.
          BlogWalking
          Gara – gara challenge dari Blogger Perempuan ini, saya jadi bisa blogwalking ke blog yang sama sekali belum pernah saya baca. Jadi tahu berbagai macam gaya penulisan dan cara mereka dalam menata blognya agar enak untuk dikunjungi dan enak dibaca.
          Dengan memberikan komentar dalam sebuah postingan pun tentu akan membuat tuan rumah menjadi senang karena merasa di apresiasi tulisannya. Karena saya pun suka sedih aja kalau viewnya banyak tapi ga ada yang komen.
          Konsisten
          Sama halnya dengan resolusi 2019, konsisten juga diperlukan bila kita berniat untuk serius di dunia blogger. Jangan sampai hiatus berkepanjangan *ngaca dulu hehehe. Karena tahun ini saya sempat hiatus dan menular ke blog lainnya. Baru mulai ngebut kayaknya akhir tahun ini. Dan terutama karena ada challenge ini, saya dipaksa untuk konsisten dana belajar banyak dari para blogger professional.
          Mungkin cara belajar saya masih sederhana sekali ya. karena ulasan mba ila di blognya udah komplit juga hehehe. Jadi mudah – mudahan tahun depan bisa terus konsisten belajar menjadi Blogger Full time dan profesional

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton