Lima Kebahagiaan Sederhana Saat Toilet Training




          Adakah para ibu – ibu yang sedang menghadapi Toilet Training? Mari kita panjangkan usus kita ya buk agar bisa terus bersabar dan dijaga kewarasaanya saat mengajari anak Toilet Training. Karena hakikatnya drama Toilet Training gak kalah serunya dengan drama sapih menyapih. Butuh kesabaran, komitmen dan kerja sama dengan anggota keluarga yang lainnya di rumah.
          Nah, tapi ditengah drama Toilet Training ini, ada lima Kebahagian Sederhana saat Toilet Training yang saya rasakan. Mungkin ananda belum lulus Toilet Training. Tapi sungguh rasanya bahagia banget bila ada lima hal ini.

          Bangun Tidur tanpa ompol
          Siapa yang tiap hari harus nyuci sprei karena ananda ngompol saat tidur malam? Saya ngacung paling tinggi kayaknya hehehe. pasti melelahkan ya bu. Lelah jiwa dan raga. Tapi saya sungguh bsia memulai hari dengan senyum sumringah saat bangun tidur tidak tercium bau pesing di celana Umar. Hal ini terjadi biasanya karena Umar sudah di tatur sebelum tidur dan juga tengah malam akan saya bopong ke kamar mandi untuk pipis. Hasilnya saya bisa istirahat mencucui sprei.

          Tidak pipis/pub di celana seharian
          Nah, ini pun bisa jadi menutup hari dengan senyuman bila Umar tidak pipis atau pub di celana. Ini bisa terjadi kalau saya rajin mentatur Umar. Karena Umar sendiri belum bisa sering bilang pipis saat akan pipis. Jadi memang saya harus rajin untuk mentatur dia.

          Tidak Ngompol saat Pergi.
          Salah satu PR saat Tilet Training adalah saat akan mengajak Umar bepergian. Apakah akan memakai diaper atau tidak, untuk hal ini saya masih suka gambling sendiri. Kadang memang saya masih suka memakaikan diapers kalau sekiranya saya akan kelupaan untuk mentatur dia. Tapi bila bepergian ke rumah teman atau saudara, saya masih bisa percaya diri untuk tidak memakaikan diaper.

          Pipis tanpa tatur di Kamar Mandi
          “nda..Umar mau pipis”
          Sungguh itu adalah kalimat dari Umar yang kepengin saya dengar. Umar sesungguhnya pernah bilang seperti itu, tapi lebih seringnya zonk hehehe. tapi saya percaya suatu saat dia akan bisa merasakan kapan dia ingin pipis atau pub dan bisa bilang untuk kamar mandi.

          Cucian berkurang
          Nah, sungguh ini sangat membantu sekali bila Umar tidak ngompol di celana atau di kasur. Karena cucian tidak akan banyak. Apalagi di musim penghujan sekarang. Cucian bisa kering maksimal selama di jemur 3 hari dengan batas dhuhr harus diangkat karena mulai mendung atau hujan. Lumayan kan bila Umar sudah lulus TT, cucian ompol tidak ada dan bunda bisa sedikit leyeh – leyeh.

          Sungguh kebahagiaan seorang ibu sangat sepele banget ya. tidak perlu dengan membelikan tas mahal atau gamis mahal (tapi harap suami pengertian ya hehehe), cukuplah ananda lulus Toilet Training akan sangat membantu pekerjaan domestic ibu. Kebahagiaan sederhana seorang ibu saat melihat anaknya sudah berhasil menjadi lebih mandiri.
          Itulah kebahagiaan ala ibu – ibu yang sedang galau dalam proses Toilet Training. Kalau kebahagiaan teman – teman sendiri seprti apa?

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton