Alun - Alun Tegal, Dulu dan Sekarang





          Alun – Alun Tegal, dulu dan sekarang memang mengalami perubahan yang cukup pesat. Alun – Alun sebagai sebuah pusat Pemerintah Kota, menjadi sebuah gambaran dari kota itu sendiri. Kota Tegal sendiri seperti biasa memiliki tata letak yang masih ada dari jaman dahulu kala. Kota Tegal sendiri saya perhatikan memiliki perkembangan yang berbeda. Berbeda pimpinan daerah, maka akan berbeda pula peraturan tentang Alun – Alun Kota tegal. Kira – kira apa aja ya perbedaanya dulu dan sekarang?




          Seingat saya, sewaktu kecil lapangan alun – alun bisa di gunakan untuk berjualan dan juga bermain anak – anak kecil. Saya ingat bahwa alun – alun menjadi pusat hiburan murah meriah bagi anak – anak yang murah meriah. Kenapa murah meriah? Karena hanya modal bola pun anak – anak bisa ceria bermain. Sedangkan orang tua bisa duduk santai menikmati cemilan yang di jual di sana seperti Tahu Aci Khas Tegal.

          Sayangnya, ketika kota Tegal memiliki pemimpin baru, ada beberapa kebijakan alun – alun yang berbeda. Entah kenapa semakin banyak pedagang yang masuk ke tengah Alun – Alun Kota Tegal. Bahkan ada beberapa pedagang yang membuka lapak membahayakan anak – anak. kenapa? Karena mereka menyewakan motor kecil yang bisa disewakan. Jadi sama saja kayak ngajarin anak kecil untuk bermain motor – motoran. Kenapa saya bilang berbahyaa? Karena beberapa kali saat Umar hilir mudik hampir tertabrak dengan anak kecil yang naik sepeda motor kecil. Bahkan sempat mendengar keluhan pedagang lain juga. Saya benar – benar kapok dan merasa alun – alun menjadi sangat kumuh.


          Meskipun memang saya akui ada beberapa fasilitas tambahan di Alun – Alun Kota Tegal. Seperti jogging Track, fasilitas Olah Raga Mini, Kamar Mandi di depan Gedung Mulya dana, Tulisan Alun – Alun Kota Tegal yang meniru Taman – Taman Kota Bandung. Sebenarnya sudah mempercantik Alun – Alun Kota Tegal. Sayangnya entah kenapa jadi banyak sekali pedagang yang hampir memenuhi seluruh lapangan Alun _ Alun Kota Tegal. Gak kelihatan lagi lah cantiknya.

Joging track


          Nah, Alhamdulillah setahun kebelakang ketika ada Plt Wali Kota Alun – Alun Kota Tegal bisa lebih cantik. Saya kaget ketika beberapa waktu yang lalu tiba – tiba lapak di tangah lapangan sepi dan beres. Bahkan di undakan alun – alun kota Tegal di pasang beberapa pagar agar tak bisa di masukin gerobak. Saya cukup senang karena melihat Alun – Alun lumayan menjadi lebih cantik dan bersih. Anak – anak balita pun bisa dengan tenang berlari kesana kemari tanpa takut akan tertabrak motor kecil.




          Alun – alun memang seharusnya menjadi pusat aktivitas masyarakatnya. Bersantai bersama dengan keluarga dan melihat anak – anak bermain di tengah lapangan. Tentu menjadi alternative refreshing murah meriah di Kota Tegal. Apalagi sekarang ada juga Mini Play Ground yang bisa dimanfaatkan para orang tua yang ingin mengajak anak – anak bermain di luar murah meriah.



          Alun – Alun Kota Tegal sekarang kembali menjadi ikon Kota Tegal yang cantik. Apalagi ditambah dengan kemegahan Masjid Agung yang telah selesai di renovasi Total sehingga bisa lebih banyak menampung jamaah dan lebih megah.



          Semoga ulasan tentang Alun – Alun Kota Tegal, dulu dan sekarang ini bisa menambah pengetahuan teman – teman yang akan dolan ke Kota Tegal. Tegal Laka – Laka ne pokokek aja klalen mampir maring Tegal, Tegal Keminclong Kota lan Nganngeni wonge.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton