Dodol,Jajanan Tradisional Khas Tegal


    Salah satu kebudayaan lokal daerah yang tidak terpisahkan adalah makanan. Ada beberapa makanan tradisional yang bukan hanya sekedar jajanan Tradisional, tapi juga terdapat cerita di balik pembuatan makanan tersebut. Ada juga jajanan Tradisional yang hanya ada di event tertentu tidak di jual secara bebas. Salah satunya adalah Dodol, Jajanan Tradisional khas Tegal
    Dodol, Jajanan Tradisional khas Tegal yang sampai sekarang masih sangat eksis di wilayah pinggiran Kota Tegal. Salah satu alasan kenapa makanan Tradisional Khas Tegal masih eksis karena makaan ini akan selalu ada di setiap hajatan, baik itu pernikahan, lamaran ataupun khitan. Masyarakat pinggiran Kota Tegal masih sangat menjunjung tinggi budaya lokal dengan menghadirkan jajanan Dodol ini. Biasanya dodol ini akan di sandingkan dengan wajik dan makanan basah tradisional lainya.


    Ada beberapa cerita orang tua dulu tentang jajanan Dodol ini. Ada yang mengatakan bahwa Dodol adalah jajanan pemantes. Jadi meskipun tidak ada jajanan Tradisional basah lainnya yang bungkus daun, seperti bogis poci atau pun pipis (nama jajanan ya kalau daerah lain kayaknya namanya nagasari) selama ada dodol maka jadi pantes di sajikan saat hajatan. Ada juga cerita tentang dodol ini sebagai jajanan tradisional dalam hajatan pernikahan. Berharap bahwa hubungan suami istri bisa selengket dan semanis dodol.
    Pembuatan Dodol sendiri bukan sesuatu yang mudah. Butuh sekitar kurang lebih delapan jam untuk membuat Dodol. Dan dibutuhkan tenaga lelaki juga untuk mengaduk adonan yang mulai mengental. Untuk bahannya sendiri ada Kelapa, Gula Jawa dan juga Terigu. Takarannya saya sendiri lupa. Tapi kurang lebihnya takaran mengikuti banyaknya kelapa yang akan digunakan.
proses pembuatan dodol


    Dalam pembuatannya pun ada falsafah tersendiri. Bahwa awal dodol ini di buat mungkin masih mudah dalam hal mengaduknya. Tetapi semakin lama, akan terasa berat dan biasanya memang dibutuhkan tenaga lelaki agar adonan sesuai dengan yang diinginkan. Bahwa pernikahan mungkin akan mulus di awal tapi lama kelamaan akan menemui berbagai macam halangan yang mungkin sangat berat. Akan tetapi bila berhasil dilalui, maka akan berakhir manis dan semakin erat seprti Dodol.
    Di daerah lain mungkin ada banyak makanan khas dodol. Masing – masing memiliki ciri khasnya.  Dan di jual bebas di toko oleh – oleh. Akan tetapi Untuk Dodol khas Tegal sendiri memang sangat jarang di jual secara bebas. Biasanya dodol akan di buat sesuai pesanan saja.
    Untuk cita rasa dodol sendiri manis dan lumayan lengket. Oleh karena itu bagi yang memiliki masalah dengan gigi, ada baiknya menghindari makanan ini.  Karena lumayan menggangu bila memiliki masalah dengan Gigi.
    Adsa banyak jajanan Tradisional yang memiliki cerita muatan lokal lainnya. Jajanan yang semakin hilang seiring dengan mulai menggeliatnya bisnis kuliner kekinian anak muda. Tidak banyak anak muda yang suka atau mau membisniskan jajanan Tradisional ini. Karena memang semua sesuai selera anak muda yang kekinian. Oleh karena itu jajanan Tradisonal semakin lama mulai hilang di hajatan pernikahan atau lainnya. Berganti dengan pastry atau jajanan modern lainnya.
    Mudah –mudahan cerita tentang Dodol, jajanan Tradisional Khas Kota tegal ini bisa menambah pengetahuan baru tentang budaya lokal kota Tegal. Apalagi buat anak daerah Kota Tegal, harus banget tahu tentang makanan ini. agar jangan sampai jajanan Tradisional punah seiring dengan berkembangnya jajanan modern lainnya.

Comments

  1. Wah enak banget nih emang jajanan tradisional yang satu ini

    ReplyDelete
  2. Memang kalau mengaduk dodol itu seperti itu ya, semakin lama semakin berat :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton