Review Soto Senggol Kota Tegal

kuliner tegal


Ketemu lagi sama segmen #seninngapak di blog widhie.com. Nah, kali ini mau ngereview ala food blogger salah satu rumah makan soto tauco yang sudah terkenal di kalangan masyarakat kota Tegal yaitu Soto Senggol. Soto Senggol ini salah satu kuliner khas Tegal Kayak apa review Soto Senggol Kota Tegal ?

Tempat
Soto Senggol ini tempatnya agak terpencil walaupun sebenarnya ada di tengah kota. Nah lho bingung kan ya? jadi alamatnya ada di samping polsek Alun - Alun kota Tegal. Kamu bisa lihat jalan kecil di sampingnya masuk dech. Kelihatan dari luar kok rumah makannya. Apalagi kalau jam makan siang atau weekend pasti penuh ga ada tempat.
oiya,sebenarnya disitu bukan cuman ada satu aja warung soto, kalau tidak salah ada 3 buah warung. Cuman yang paling strategis di warung soto pak haji. Karena posisi yang dekat dengan Jalan masuk.


soto senggol
jam 11




Menu
Untuk menu sendiri di warung soto pak Haji ini bukan cuman ada Soto saja tapi juga ada lengko dan nasi rames. Soto pun ada soto ayam, daging dan babat. Saya sendiri tadinya pesan soto babat, tapi karena masih pagi dan belum siap semua menu, jadilah pesan soto ayam saja.
Oiya, untuk teman soto sendiri ada kerupuk mie  gorengan tahu tempe dengan ukuran yang lumayan besar dan juga kerupuk kulit. Jadi makan Soto Tauco bisa lebih nikmat.

Review
Buat yang suka Tauco mungkin akan doyan dengan Soto Senggol ini. Karena Soto Senggol ini ya sebutan lain dari Soto Tauco khas Tegal. Karena warungnya di gang senggol jadilah Soto Senggol. Tapi buat yang tidak suka mencoba makanan baru mungkin agak sulit juga menerima rasanya. Sebenarnya Soto Tauco Senggol ini lumayan banyak Tauconya, tapi kalau dirasa kurang bisa ditambahkan lagi Tauconya.
Penyajian Soto Tauco sendiri di dalam mangkok kecil diberi nasi,kecambah,daun bawang, ayam atau babat atau daging,disiram dengan Tauco kental kemudian di siramlahi dengan kaldu panas lalu taburi bawang goreng.
Kunci dari soto Tauco ini ada di Tauco dan kaldunya.
Untuk minuman sendiri standar saja ada es teh, teh hangat,es jeruk /hangat dan juga soda susu.

Untuk harga sendiri di bandrol satu mangkok kurang lebih seharga 12 ribu rupiah disesuaikan dengan isi Soto Tauconya sendiri.
Sayangnya saat jam Makan Siang atau weekend akan sangat susah buat cari tempat parkir. Apalagi buat pengendara motor. Untuk pengendara mobil biasanya parkir di samping kantor polisi.

Baca Juga : Dodol,Jajanan Tradisional Khas Tegal

Soto Tauco sebenarnya bukan hanya ada di Tegal, di kota Pekalongan dan Pemalang pun biasanya juga ada yang menyajikan Soto Tauco. Biasanya di Pekalongan disebut Tauto.

Tauco sendiri merupakan fermentasi dari kedelai dan aneka bumbu. Semakin enak Tauco maka harga per ons nya pun semakin mahal. Ibu saya pun sering memesan Tauco kepada salah satu kenalannya bila ada acara di rumah dan harus menyajikan makanan berat. Biasanya Tauco akan menjadi pilihan karena sebenarnya penyajian sangat simple.
Ponggol Kuliner Tradisional Khas Tegal

Untuk Kota Tegal sendiri warung Soto Tauco yang saya rekomendasi ada di soto senggol dan juga daerah Talang. Dibandingkan dengan soto Tauco langganan saya yang ada di talang memang lebih enak dan nyaman di sana. Insya Allah kalau ada kesempatan kita review disana. Jadi biar bisa dijadikan pilihan kalau  mau makan Soto Tauco.

Mudah - mudahan review singkat tentang kuliner khas Tegal ini bisa membantu teman - teman yang mungkin kepengin icip - icip kuliner khas Tegal. Yuh maring Tegal sing Ngangeni

Comments

  1. Waduh enak banget nih sepertinya soto yang ada digambar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo maen - maen ke tegal mbaaa...kita explore tegal hehehe

      Delete
  2. Soto babat ya. Aku jadi pingin makan lagi nih , karena habis lihat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ini soto ayam..soto babat juga ga kalah enaknya...cuman baru ready aak siangan

      Delete
  3. Hmmm enak banget tuh, harganya juga lumayan murah. Sebanding dengan sotonya

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Kota Tegal nih. Jadi, pingin ke sana

    ReplyDelete
  5. Itu ada yang udah habis ya, tapi baru difoto :D

    ReplyDelete
  6. Pernah kesini juga.

    Memang enak banget rasanya
    Walaupun lokasinya agak nylingsep, tapi karena udah populer jadi gampang nyarinya.
    Emang mantebbbbb

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Sinar Jaya, Toko Gerabah Terlengkap di Tegal

Cerita Tentang weton