8 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Beberapa waktu yang lalu sempat lihat salah satu selebgram yang juga leadernya Star Squad sharing tentang perlunya mempersiapkan pasangan kemandirian ekonomi. Meskipun definisinya bukan berarti ibu rumah tangga harus menghasilkan uang, Tetapi minimal tahu apa yang harus dilakukan saat ada hal - hal yang tidak diinginkan dialami oleh sang pencari nafkah. Saya jadi ingat salah satu chapter dari buku Asma Nadia, ada seorang istri yang akhirnya gila karena sang suami meninggal dan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan karena dia hanya terima beres saja mengurus anak. Orang lain beranggapan hidupnya sangat indah. Tapi justru petaka muncul saat suami meninggal dunia. Sang istri tidak tahu apa apa karena terbiasa beres tanpa tahu tetek bengek.
Kemandirian ekonomi seorang istri memang tidak melulu menghasilkan uang. Tapi tahu darimana arah pemasukan untuk keluarga dan bagaimana mengeluarkannya juga merupakan kemandirian ekonomi. Meskipun memang sekarang lumayan banyak para ibu rumah tangga yang mulai belajar menghasilkan uang. Terkadang bukan karena materi itu sendiri tapi juga karena hobi dan ingin melihat orang lain senang dengan hasil kerja keras kita.

Itu semua tidak bisa terjadi tanpa adanya support System dalam keluarga. Dalam hal ini adalah kerelaan suami untuk berbagi tugas dan waktu saat istrinya sedang berniaga atau bekerja. Bahkan ada juga suami yang sengaja memberikan modal agar bisa sedikit membantu istri berjualan dan hasilnya sepenuhnya untuk istri.

Nah, kalau saya perhatikan di sekitar lingkungan dan sosial media saat ini ada 8 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa di coba. Kira - kira bisnis apa aja?

Bakery
kue kering
Pict by fb Kurnia Rahmawaty

Masa menjelang Ramadhan, biasanya usaha bakery mulai panen dengan PO Kue Kering seperti nastar, kastengel, putri salju dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha ini memang dibutuhkan latihan, keuletan dan juga memang menyukai dunia bakery.
Tidak ada salahnya memulai usaha ini kalau memang hasil bakery yang dibuat bisa dijual. Apalagi sekarang pemasaran bisa dengan mudah di Social Media. Tidak perlu memproduksi setiap hari untuk pemula. Bisa juga dengan trik Open PO, sehingga memproduksi bakery untuk beberapa pesanan. Ada juga cara usaha bakery dengan menitipkan hasil hasil bakery di kedai atau toko - toko. Memang akan ada resiko tidak habis, tapi minimal orang akan tahu rasa dari olahan bakery usaha kita.


Toko Kelontong

Meskipun Supermarket tumbuh bagai jamur, tapi Toko Kelontong juga bisa menjadi pilihan Bisnis Ibu Rumah Tangga. Tidak perlu selengkap supermarket tapi minimal menyediakan kebutuhan dasar rumah tangga. Karena sungguh annoying banget kalau mau cuci baju dan detergen habis tidak mungkin juga langsung ke supermarket. Pastilah ke Toko Kelontong terdekat.

Akan Tetapi ada hal yang harus diperhatikan bila membuat toko kelontong. Modal dan rules. Ada beberapa yang mengatakan membuka usaha Toko Kelontong ini butuh 3 modal. Modal untuk barang, modal untuk pembeli yang hutang dan modal untuk berbelanja kembali. Jadi butuh kejelian dalam mengatur keuangannya. Usaha ini ga akan jalan bila kita adalah orang yang tidak tegas dan tidak ulet.

Kedai Minuman

Untuk usaha yang ketiga dalam 8 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga adalah kedai jus atau bisa juga ice blend. Sekarang banyak juga franchise minuman kekinian kopi susu, thai tea atau green tea dengan modifikasi mmi yang berbeda - beda. Ini bisa jadi alternatif bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan.Tidak perlu langsung kedai, bisa juga dengan modal meja depan rumah plus blender. Kalau memang ada modal bisa ikutan franchise juga.

Nah, kebetulan mama saya pun tergerak untuk membuka kedai minuman di rumah. Kebetulan ada space kosong di samping toko ayah. Kedai Minumannya kebetulan diberi nama Dapoer Teteh dan produk minuman unggulannya adalah Jus Kefir dan Es Pensil Yoghurt. Jus Kefir sendiri di Tegal baru pertama kali ada. Karena pernah ada kedai susu menyajikan menu kefir tapi ternyata harus Pesan terlebih dahulu.



Sedangkan di Dapoer Teteh Kefirnya tidak harus menunggu lama karena , karena kita panen sendiri
Untuk Modal kedai minuman seperti jus buah mungkin tidak terlalu banyak dibandingkan dengan kedai minuman ice blend. Tetapi bila bisa mengelola keuangan dengan baik bisa menjadi besar.
Susu Kefir
Susu Kefir

Jual Lauk - Pauk Matang
Bisnis  Rumahan lainnya yaitu Jual Lauk - Pauk. Untuk Tegal mencari lauk makan siang sangat mudah. Biasanya di tiap desa ada dua atau tiga ibu yang berjualan lauk untuk makan siang. Fenomena ini terjadi karena sekarang rata - rata banyak juga para ibu yang berjualan di pasar, sehingga tidak sempat untuk memasak makan siang. Atau juga sudah kerepotan dengan balita di rumah sehingga untuk makan siang beli lauk di luar.

Untuk memulai usaha ini tidak harus disajikan di luar maupun warung. Sekarang sudah banyak pemasaran kekinian yang bisa kita coba. Lewat wa story, grup kuliner, Instagram dan lain sebagainya.

Sama seperti bakery, untuk menjual masakan juga diperlukan passion sehingga saat mengerjakannya tidak akan jenuh atau berat.

Jajanan Sekolah


Rumah dekat dengan sekolah atau madrasah? kayaknya bisa dijadikan peluang untuk memulai usaha rumahan. Salah satu contohnya adalah saya sendiri.
The Power of Kepepet saya pun akhirnya berjualan jajanan kecil untuk anak - anak madrasah. Buka usaha ini pun Alhamdulillah tidak terlalu banyak modal karena kebetulan mama perlengkapan masak lumayan lengkap. Hal yang saya ingat saat pertama kali jualan harus merasakan panas karena tidak ada tempat berteduh. Sampai akhirnya nenek kasih hadiah payung besar supaya lebih teduh. Dan Alhamdulillah sekarang sudah ada saung kecil kecilan sehingga tidak kepanasan dan kehujanan . Terima Kasih Suami..

Ga usah malu untuk memulai usaha seperti ini  Toh juga bukan usaha yang haram. Usaha besar dimulai dari sesuatu yang kecil.

Dropship
Adakah yang belum tahu tentang Dropship? Pengertian dari Dropship hampir mirip lah dengan reseller. Biasanya sistemnya kita membantu menjualkan dan saat ada pembeli tinggal menghubungi seller untuk mengirimkan barang.

Jenis usaha ini sepertinya jadi trend di kalangan para ibu rumah tangga. Karena sistemnya mudah tanpa harus keluar modal untuk menyediakan barang. Biasanya Jenis Usaha Dropship ini berjualan baju, gamis , jilbab dan lain sebagainya.

Untuk Tegal sendiri diberi nama Bakul Mingser karena jualannya berpindah bakul. Tapi perlu hati - hati juga dalam memilih produsen atau tangan pertama.

Laundry
Jenis usaha Laundry kayaknya menjadi usaha rumahan dengan biaya besar. Jadi ga terlalu rekomen kalau masih punya bayi atau balita. Tapi bila tidak memiliki balita dan punya mesin cuci, rasanya bisa juga membuka usaha  rumahan ini. Tidak perlu langsung membeli mesin cuci yang profesional, bisa saja dimulai dengan mesin cuci biasa. Apalagi sekarang ini mulai banyak juga rumah Tangga yang memilih laundry sebagai salah satu upaya untuk meringankan tugas domestik.
Tapi salah satu hal yang perlu di ingat untuk usaha ini adalah masalah ketepatan waktu dan juga pengetahuan akan noda. Perlu teliti noda yang ada di pakaian supaya pelanggan pun merasa puas akan service kita.

Book Advisor

Nah, salah satu usaha yang ga kalah keren adalah menjadi Book Advisor. Masih ga paham kah tentang Book Advisor?
Jadi modal untuk menjadi Book Advisor adalah keuletan dan mau belajar dan bekerja keras. Alhamdulillah beberapa kali bisa closing juga.

Book Advisor bukan hanya tentang jual beli tapi juga tentang Literasi sejak dini. Rasa Prihatin bagaimana sekarang anak - anak lebih fokus di gadget alih - alih mencintai buku. Alhamdulillah Umar sendiri memang sudah saya biasakan dengan buku. Alhamdulillah puasa dua tahun lalu akhirnya bisa punya Halo Balita dengan cara arisan. Bukan hal yang mudah memang karena saya sendiri bukan pekerja kantoran dan waktu itu masih satu pintu rejeki. Tapi semua pengorbanan jadi worth it karena Umar belajar banyak dari Halo Balita. Jadi kalau boleh di istilahkan sekali mendayung dua pulau terlampaui. Kalau  masih ragu, jualan buku anak premium gimana jualannya? Tenang karena tim Star Squad yang selalu mendampingi dan memberikan training berkala.

Baca Juga : Pengalaman Pertama Pengisi Training di Star Squad

oiya, banyak juga para Book Advisor yang bergabung di star squad agar dapat komisi untuk membayar arisan buku sendiri. Tapi ada juga yang memang serius dan berusaha meraih reward boom yang Subhanallah banget. Bahkan ada yang bisa mendaftar haji dan lunas lewat komisi di Book Advisor.
Ada juga reward tahunan yang lumayan banget buat dikejar. Tolong doakan saya gaes *eh malah curhat




Nah mudah - mudahan postingan 8 Bisnis Rumahan ini bisa jadi inspirasi untuk teman - teman ibu rumah tangga dan juga yang sudah mengantongi ijin suami.


Comments

  1. Bentar lagi lebaran ni, mb bisnis kue kering bakal laris sm bikin parcel. Cobain mba. Kali aja rame. Pake sistem pre order aja buat pelanggan dapur teteh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mba...huum Insya Allah mau bikin kolak kekinian hehehhe

      Delete
  2. Suka ihh baca blog nya bunda umar jadi tambah pengalaman pelajaran juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Sinar Jaya, Toko Gerabah Terlengkap di Tegal

Cerita Tentang weton