Aneka Macam Soto


    Salah satu makanan favorit saya selain nasi goreng adalah Soto Ayam. Tidak harus Soto Ayam Tauco Tegal, tapi juga soto khas dari daerah lain. ada yang saya kenal saat kuliah dulu, tapi ada juga yang baru saya icip di Tegal setelah ada warung soto ayam yang sedang hits. Kira – kira soto ayan apa yang menjadi favorit saya??
    Soto Ayam Tauco
    Salah satu hal yang menjadi andalan mama saat ada arisan atau pertemuan keluarga adalah dengan membuat Soto Ayam Tauco. Kenapa demikian? Karena sesungguhnya membuat soto ayam tauco ini sangat mudah. Dan kuncinya ada di Tauco. Untuk Tauconya sendiri bisa dibeli di pasar atau di tukang bumbu – bumbu. Mama sendiri biasanya mememsan di salah seorang temannya. Memang agak susah untuk membuat Tauco ini yang berbahan dasar kedelai. Sehingga banyak yang lebih memilih untuk membeli Tauco saja yang simple bila ingin membuat Soto Ayam Tauco
    Soto ayam Tauco ini juga salah satu makanan yang sangat disukai keluarga saya di Bandung. Bahkan beberapa tahun yang lalu saat paman saya menikah, mama sampai membawa pasukan untuk membuat stand soto ayam khas Tegal (sayangnya ga di foto euy)
    Nah, buat teman – teman yang kepengin masak Soto ayam Tauco Tegal, saya bakalan share Resep Soto Ayam Tauco Tegal.
    Resep Soto Ayam Tauco
    Bahan :
  • Tauco
  • Ayam satu ekor (untuki kaldu dan juga isian Soto Ayam).
  • Tauge
  • Daun Bawang
  • BAwang Goreng
  • Garam

Cara Membuat :
  • Buatlah kaldu dengan satu ekor ayam. Dan setelah kaldu selesai dibuat, ayam disuwir – suwir untuk isi soto ayam tauco.


Cara Penyajian :
  • Siapkan mangkok berisi nasi.
  • Isi dengan Suwiran Ayam , Tauge secukupnya dan daun bawang
  • Lalu siram dengan Tauco sesuai selera, beri kecap dan sambal
  • Terakhir Siram dengan Kaldu Panas
  • Soto Ayam Tauco pun siap dihidangkan
    Biasanya masyarakat Tegal menggunakan soto ayam tauco ini untuk acara keluarga, arisan atau bahkan pengajian. Karena sebenarnya simple asalkan Tauconya juga bagus.
    Kota tegal sendiri ada beberapa warung Soto tauco yang terkenal dan menjadi incaran wisatawan lokal yang berkunjung ke kota tegal. Yaitu Soto Ayam Tauco Senggol dan yang ada di kawasan Talang .Tapi memang buat yang ga suka dengan bumbu yang ada di tauco ga bakalan doyan. Jadi memang agak tricky. Berbeda dengan soto ayam boyolali atau soto ayam semarang yang segernya memang jelas dan nampol. Kalau soto ayam tauco memang full dengan bumbu.

Baca juga : Review Soto Senggol Kota Tegal

    Kalau di warung soto sendiri biasanya sedia isian bukan hanya ayam saja, tapi juga bisa dengan babat atau daging. Satu porsinya kurang lebih berkisar dua puluh ribuan. Lumayan lah untuk ukuran makanan berat.

    Soto Ayam Lamongan

    Saat masih kuliah, salah satu hal yang sering saya lakukan saat pulang kuliah adalah membeli soto lamongan untuk makan siang. Kebetulan tahun 2015 ada gerobak Soto Ayam Lamongan yang mangkal di pertigaan pleburan. Dan jangan ditanya ya setiap pagi sampai siang rame banget. Saking seringnya saya beli disana dan saya termasuk yang hobi ngajak ngobrol penjualnya jadi kadang suka dibonusin kepala ayam hehehe.
    Salah satu cirri khas dari soto lamongan adalah bubuk kroyanya yang membuat kuah semakin kental dan enak. Isian nya kol yang di iris, bihun sedikit, ayam suwir dan printilan lain yang saya lupa. Rasa kaldu ayamnya kerasa banget. Enak panas – panas di santap dengan perkedel atau pun sate telur puyuh. Untuk diTegal sendiri soto ayam Lamongan ada di daerah SMA 1 Kota Tegal
   
    Soto Ayam Boyolali

    Selain Soto Ayam Tauco, di tegal ada juga warung soto yang sedang hits yaitu Soto Ayan Boyolali yang letaknya tepat disamping Honey bakery. Soto Ayam boyolali ini termasuk soto dengan kuah bening dengan ukuran porsi yang kecil. Lebih kecil dari Soto Ayam Tauco. Untuk rasanya sendiri silahkan buat diicip sendiri ya heheh pokoknya endes banget. Memang gak mengenyangkan buat saya, tapi karena teman makannya pilihannya banyak kayak mendoan, aneka sate dll jadi sebenarnya ya jadi kenyang juga. Warung soto ini biasanya ramai saat sarapan pagi dan juga makan siang. Biasanya susah untuk lihat meja kosong yang lega.

    Nah itu tadi aneka macam soto yang ada di kota Tegal yang bisa teman – teman coba juga kalau kepengin makanan soto. Mudah – mudahan bermanfaat sharing hari ini.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton