Cari Tempat Buka Puasa di Tegal?Perhatikan Tiga Hal Ini

    
Salah satu hal yang biasanya sudah menanti saat Ramadan tiba adalah Buka Puasa Bersama. Entah bersama keluarga besar, teman pengajian, Reuni teman sekolah, kantor dan lain sebagainya. Sayangnya terkadang karena kurang paham tentang makna Buka Puasa Bersama kadang justru membuat ibadah wajib jadi keteteran.
    Seperti yang mungkin sudah pada tahu kalau menjelang waktu berbuka puasa biasanya seluruh rumah makan dan mall jadi penuh orang. Rasanya kok jalan makin ramai dan serasa seluruh orang tumplek ke luar. Hal ini berakibat juga makanan jadi lama, waktu sholat yang mepet karena mushola penuh atau bahkan malah jadi lupa ga sholat. Agak miris memang kenyataan bahwa hal yang wajib jadi terlupa. Tapi barangkali ada yang Cari Tempat Buka Puasa di Tegal? Perhatikan Tiga Hal ini.

    Wedang Poci
    Kalau orang asli Tegal biasanya akan mencari rumah makan yang punya menu wedang poci. Minimal sekali teh panas manis sebagai pembatal puasa. Kenapa demikian? Karena sesungguhnya sangat jarang sekali rumah makan yang memiliki menu wedang poci selain angkringan. Teh panas manis pun biasanya hanya hangat saja cenderung menjurus anyep. Jadi bagi orang Tegal tulen pasti memperhatikan hal tersebut.
    Bukan Sekedar Tempat Kumpul
    Saya lebih suka memenuhi undangan Buka Puasa Bersama dimana bukan hanya sebagai ajang kumpul tapi juga ada nilai ibadahnya. Misalnya dalam Buka Puasa Bersama pengajian, biasanya ada tadarus bersama sampai menjelang waktu berbuka dan sholat jamaah. Ataupun ke majelis yang sebelum buka puasa ada tausiyahnya. Sehingga tidak merubah essensi tentang Buka Puasa bersama.
    Punya Tempat Sholat yang memadai
    Ini hal yang paling penting saat mencari tempat Buka Puasa ya. Bukan urusan makanan atau apapun. Tapi menurt saya dapat menjalankan ibadah sholat dengan tepat waktu merupakan sesuatu hal yang mutlak sekali. Biasanya memang tidak akan sampai sholat taraweh ya. Karena waktu sholat isya dan taraweh lumayan panjang. Sedangkan Maghrib waktu sholatnya sempit. Sehingga rawan sekali tertinggal kalau mushola sempit sedangkan orang membludak. Jadi jangan lupa untuk mengecek musholla saat akan mencari tempat buka puasa bersama. Sehingga puasa seharian tidak akan menjadi sia – sia karena lalai dalam ibadah lain.
    Nah, kalau melihat dari tiga hal diatas, tempat favorit saya untuk melaksanakan buka puasa bersama adalah di rumah. Entah dirumah sendiri maupun saudara atau teman pengajian. Karena suasana yang lebih hangat dan masih ada dalam koridor Adab - adab Berbuka Puasa. Sehingga menjalankan ibadah sholat maghrib pun tidak akan tercecer dan pastinya dalam suasana yang lebih hangat.
    Mungkin juga karena usia dan pebgalaman hidup yang membuat saya sendiri tidak merasa nyaman ada di rumah makan atau mall di saat maghrib dan lebih memilih berada di rumah atau majelis taklim. Karena sesungguhnya saya suka pusing sendiri lihat banyak orang. Tentu saja pendapat setiap orang bisa sangat berbeda ya.  Ada juga yang perlu makan di luar sesekali untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Biasanya para ibu – ibu yang lagi buntu mau masak apa untuk berbuka puasa dan biar anak – anak ga bosen.
    Kalau teman – teman sendiri biasanya saat bulan Ramadan akan mendapatkan undangan Buka Puasa Bersama dengan siapa saja? Dan adakah tempat favorit untuk di jadikan tempat Bukber? Yuk sharing disini siapa tahu bisa mengimspirasi yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton