Tips Membuat daging empuk

  

  Salah satu pengalaman di dapur yang selama ini akan saya ingat adalah tentang pengalaman dengan panci presto. Panci presto yang biasanya sebagai penyelamat para ibu – ibu untuk mengempukkan daging atau ayam bisa jadi lumayan bencana bagi saya karena kurang pengetahuan. Waktu itu saya masih gaptek dan belum paham tentang Tips Membuat Daging Empuk



    Mungkin seperti yang banyak orang tahu panci presto biasanya digunakan untuk membuat daging lebih empuk. Mama saya sendiri pun menggunakan panci ini bila akan memasak sup daging atau asem – asem daging supaya lebih empuk. Karena ayahanda sendiri sudah tidak bisa memakan daging yang alot. Sehingga panci presto ini bisa menjadi penyelamat.

    Sayangnya, dulu saya iseng belajar masak dan mama tidak ada di rumah. Karena waktu itu daging kurban masih banyak, isenglah pakai panci presto. Saya kurang paham tentang cara menggunakan panci Presto. Sehingga saat membuka tutup panci dalam keadaan panas, menyemburlah  isi panci keluar dan berhamburan. Duh jadi pengin ketawa kan ya hwakakak.
    Lumayan bikin trauma juga karena suaranya lumayan kaya bom. Untungnya ga ada kerusakan hanya daging dan air rebusan yang berhamburan. Lumayan jadi pr juga membersihkan dapur.
    Buat teman – teman yang mungkin ingin belajar memasak daging dan ingin menggunakan panci presto sebagai alat bantu untuk membuat empuk daging. Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan teman – teman tahu cara menggunakan panci presto yang ada di rumah. Karena bisa saja jenis panci presto berbeda – beda.
    Untuk panci presto yang ada di rumah ternyata saat membuka pancinya tunggu sampai benar – benar dingin. Jadi saat panci mulai mengeluarkan bunyi, tunggu 30 menit dan matikan kompor. Untuk membukanya pastikan bahwa panci suah tidak panas lagi. Jadi memang menggunakan panci presto ini ga boleh mepet banget.
    Saya kurang paham apakah sekarang panci presto memiliki teknologi yang terbaru lagi. Tapi memang penting banget buat tahu detail barang yang kita punya. Minimal tidak akan membahayan bagi penggunanya. Kalau masih ada yang khawatir ada beberapa tips membuat daging empuk secara manual yang mungkin bisa di coba.
    Bungkus Daun Pepaya
    Jadi saat idul adha lumayan banyak juga saran untuk membungkus daging dengan daun pepaya atau bahkan daun jati agar daging empuk dan terhindar dari bahan plastic. Saya dan mama memang belum pernah mencoba secara langsung. Tetapi banyak orang yang membuktikan dengan cara ini daging jauh lebih empuk.
    Potongan Daging Lebih Tipis
    Tips Membuat Daging empuk kedua adalah dengan memotong daging lebih tipis atau kecil. Jadi daging tidak di rebus dengan potongan yang tebal. Hal ini dipercaya akan membuat daging lebih mudah empuk tanpa harus merebusnya lama karena ukuran yang lebih kecil.

    Pukul Daging
    Dulu saya pernah lihat di televisi acara masak memukul daging dengan alat tertentu. Menurut chefnya hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses memasak sehingga menjadi empuk.


    Itu tiga diantara banyak tips membuat daging empuk yang baru saya tahu dari televisi maupun sekedar obrolan dengan teman grup. Dan biasanya makin banyak tips yang beredar saat Idul Adha tiba. Mudah – mudahan bisa bermanfaat bagi teman – teman yang sedang belajar masak kayak saya hehehe. Kalau teman – teman sendiri adakah yang punya pengalaman Tips Membuat Daging Empuk? Yuk sharing disini.
   

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton