Entrepreneur Dulu dan Sekarang


Entrepreneur Dulu dan Sekarang memang mengalami banyak perubahan secara signifikan. Saya sendiri mengalami delapan percobaan bikin usaha dan tumbuh bersama perkembangan entrepreneur itu sendiri. Dulu mungkin buka usaha atau mandiri adalah opsi terakhir dalam mencari nafkah. Opsi pertama tentu menjadi PNS atau pun pekerja kantoran. Tapi sekarang rasanya makin banyak opsi untuk mencari nafkah berkat kemajuan teknologi. Apa saja perbedaan Entrepreneur Dulu dan Sekarang??

Entrepreneur Dulu

Dulu tahun 2009 semasa saya kuliah geliat entrepreneur belum se ramai sekarang. Masih jarang sekali seminar tentang usaha untuk anak muda. Job Fair masih ramai peminat nya dan saya sendiri sering menemani sahabat yang kebetulan sedang mencari pekerjaan.

Seingat saya membuka usaha saat fresh graduate sesuatu yang jarang banget dilakukan. Apalagi dulu social media belum se booming sekarang. Jadi Marketing masih konvensional dan masih banyak banget job fair yang bertebaran di mana - mana. Belum ada tuch artikel cara membuka usaha dengan mudah.

Dulu pun banyak yang bertanya kepada saya, kenapa tidak melamar pekerjaan justru malah nyemplung ke dunia usaha.  Karena sekali lagi dulu sangat tidak familiar anak muda yang buka usaha.
Dan definisi dari wiraswasta ya jualan secara real atau bahasa kerennya offline.

Banyak anak muda yang menghindari untuk terjun ke dunia usaha karena terkendala modal dan bukan sebuah mata pencaharian yang populer saat itu. Apalagi bagi mereka lulusan ilmu sosial, pekerjaan di bank, pns atau BUMN menjadi incaran nomer satu.

Oiya, waktu itu juga belum banyak programer yang mandiri. Karena memang dulu belum terlalu banyak aplikasi.

Hal ini membuat jarak antara dunia usaha dan  anak - anak muda. Meskipun tiap menjelang wisuda di Universitas Diponegoro ada sesi seminar entrepreneur akan tetapi masih kaku dan tidak semenarik sekarang.


Entrepreneur Sekarang

Perlahan cara jualan secara online dan istilah - istilah lain dalam dunia usaha mulai muncul. Dunia maya yang semakin  update pun memperluas marketing penjualan. Kalo awal munculnya Facebook hanya untuk bertemu dengan orang baru atau mungkin teman lama, seiring berjalannya waktu facebook menjadi ajang buka lapak penggunanya. Facebook menjadi Cara Mudah Membuka Usaha. 
Bayangkan untuk Indonesia sendiri pengguna facebook bisa lebih dari 5 juta pengguna. Pasar yang sangat besar kan ya?Itulah kenapa dewa eka juga mengeluarkan tentang marketing lewat facebook.

Sekarang ini tidak perlu menyewa sebuah tempat untuk memulai usaha. Bahkan ga perlu modal banyak cukup punya sosmed dan kuota plus handphone dengan RAM yang bagus. Yes bener!bisa jadi Dropshipper atau bahkan jadi reseller. Contohnya cara jualan gampang dengan menjadi Reseller atau Book Advisor Mandira Dian Semesta Karena meskipun ga bisa jualan, ga usah khawatir karena bakalan ada banyak training yang bakalan membantu para reseller dan Book Advisor. Urusan packing barang pun di urus sama kantor. 
Dan yang lebih seru sebenarnya jualan bisa sekalian edukasi tentang pentingnya membaca 

Apa cuman itu aja entrepreuneur jaman now???

Tentu gak ya! Karena sekarang serba digital,jadi bisa juga lho jadi programer atau membuat aplikasi yang bermanfaat.

Suka menulis?? Bisa cobain jadi blogger juga lho sesuai passionnya.

Suka cuap - cuap depan kamera???Boleh coba dunia youtube.

Pengen buka usaha kuliner tapi ga bisa masak??? Bisa lho ikutan kelas memasak online di D'Asa. Selain untuk diri sendiri bisa banget loh dijual. Seperti usaha Dapoer Teteh yang berawal dari ikutan Kelas Memasak Online.





Semua yang saya sebutkan diatas menghasilkan lho..Asalkan telaten dan juga sabar.

Zaman sekarang ini bukan hanya komunikasi yang dibikin mudah. Tapi juga cara berjualan dengan mudah pun sekarang sangat diperhitungkan. 

Apalagi dengan berkembangnya dunia maya seperti Instagram, seolah olah pasar pindah ke Instagram. Karena saking rame dan lengkapnya untuk menawarkan produk dan jasa.

Banyak anak muda jaman now yang menjajal terjun ke dunia usaha. Ada yang memang franchise, ataupun berkarya memasak sendiri. Mulai ada kesadaran tentang 10 pintu rezeki dan salah 9 pintu tentang rezeki.

Jadi buat anak muda yang memang passionnya bukan di kerjaan kantoran, mungkin bisa dari dini mulai digali lagi passionnya. Karena banyak banget lho anak muda yang sukses karena memilih fokus dengan passionnya.

Begitu juga para bunda yang mungkin ingin menambah pintu rezeki dari rumah. Ada berbagai macam usaha yang mungkin bisa di diskusikan dengan suami. Bila memang suami hanya berkenan membuka pintu rezeki dari rumah.

Baca juga : 8 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Jadi untuk sekarang ini sudah ga zaman lagi ya buka usaha meributkan modal. Yuk bisa mulai dari yang paling kecil. Bisa menjadi reseller dulu sambil mengumpulkan modal.

Nah, kalau teman - teman sendiri lagi buka usaha apa???atau punya keinginan buka usaha apa??yuk share...


Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton