Hikmah di balik Covid 19

Covid 19


Mungkin sekitar satu bulan yang lalu saat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk #dirumahaja dan meliburkan sekolah dan madrasah, saya lumayan ketar ketir. 
Karena bagaimanapun juga akan berpengaruh terhadap penjualan kedai. Belum lagi saya juga ada kerjaan antar jemput sekolah anak - anak, otomatis berkurang juga penghasilannya. 

Tapi sekarang ini mulai kerasa juga kalo sebenarnya ada hikmah di balik covid 19 ini. Karena pastilah adanya pandemik covid 19 ini kasih pengaruh yang besar bagi semua orang terutama ekonomi. Tapi kalo kita merenung sebentar, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita syukuri. Tentu tanpa mengucilkan para korban dan tenaga medis ya. Saya sungguh turut berbela sungkawa kepada para korban meninggal dan berharap agar yang masih positif covid 19 segera diberikan kesembuhan. Juga salut dan berdoa agar tenaga medis di berikan kekuatan dan kesehatan. 

Tapi kita harus selalu melihat sisi positif dari setiap musibah kan ya.. 

Quality Time bareng Anak
Karena suami masih di jakarta, jadi quality time nya bareng anak aja. Dan saya baru paham ternyata berat jadi guru PAUD hehehehe. Bisa maen bareng sama anak saat siang hari itu momen paling langka kalo saya masih jualan. 
Bisa mandiin umar dan sarapan bareng umar, karena saya ga ngojek antar jemput lagi. Karena biasanya kaya di buru waktu banget. Feeling guilty sebenarnya. 

Meskipun ya namanya emak emak pasti kadang stok sabarnya mulai berkurang hehehe. Tapi seriously buat mom working atau yang jualan kayak saya, bisa 24 jam bareng anak itu spesial banget. 


Lebih banyak Beribadah. 
Pernah ngerasa kayak gini ga??? Di rumah aja bikin waktu jadi lebih lapang dan bisa lebih sering sujud. Apalagi yang mungkin ekonominya kena dampak banget dari virus Corona ini kayak saya. Kalau bukan minta tolong sama yang Maha Kaya, mau kemana lagi?? Tawakal dulu baru dibarengi dengan ikhtiar. 

Kalo dulu kayaknya pagi diburu waktu, sekarang bisa lah empat rakaat sholat dhuha. 
Kalo biasanya tahajud bablas karena kecapekan, mungkin karena berkurangnya aktifitas jadi bisa bangun tahajud. 

Apalagi bagi para pengusaha yang masih ada tanggungan, harus lebih sering sujud sekedar berkeluh kesah dan ikhtiar mencari solusi. 

Bisa lebih kreatif
Kalau hari biasa sering jajan buat cemilan, karena pemasukan mepet mau ga mau sebagai ibu kita harus bisa kreatif sedikit. Apalagi Umar anak yang kudu ada cemilan. Jadi mau ga mau harus turun ke dapur bikin cemilan simple buat Umar. 
Jadi mau ga mau harus buka yutub atau tanya sana sini cemilan yang gampang di bikin dan eksekusi. 
Eh tapi gara gara di rumah aja, saya jadi bisa lho bikin roti maryam hehehe. 


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 
Banyak yang tidak tahu bahwa cuci tangan adalah salah satu dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang sebenarnya sudah lama banget jadi program pemerintah tapi di abaikan oleh masyarakat. Bahkan setiap tahun di adakan lomba PHBS, baik tingkat kota maupun nasional. 

Cuci tangan dengan sabun sekarang ini menjadi salah satu cara untuk meminimalisir adanya virus yang menempel di tangan. Bahkan di sarankan di setiap teras rumah ada sabun dan air bersih untuk cuci tangan. Sehingga tidak membawa virus ke dalam rumah. 

Jadi sebenarnya virus Corona ini memang selain kita bisa melihat sisi negatifnya, tapi juga bisa lihat juga sisi positifnya. Karena virus Corona juga mahkluk Allah yang pasti bisa kita lihat positifnya. Apalagi katanya udara jakarta lumayan jadi lebih bersih. 

Kalau teman - teman sendiri dampak apa yang dirasakan karena covid 19 ini?? Selain ekonomi tentu aja ya. 
Mudah - mudahan pandemik covid 19 ini bisa segera berlalu. 

1 comment

  1. Saya selalu salut sama orang - orang yang selalu 'melihat' segala sesuatu yang merugikan dari kaca 'mata positif'. Mungkin butuh kebesarn jiwa untuk sampai pada konsep melihat sesuatu dari segi positif.

    Di sosial media (wa, line, IG) semuanya bahas tentang dampak buruk covid 19, baru di sini saya menemukan seorang ibu rumah tangga yang melihat peristiwa ini dari kaca mata positif, saya salut dan kagum dengan cara pandangnya.

    Setuju juga kalau covid 19 membuat waktu bersama keluarga semakin banyak. Saya merasakan itu. Tetapi hal paling menarik dari tulisan ini ialah sudut pandangnya, keren bangat, melihat sesuatu dari kaca mata positif, salut bangat.

    ReplyDelete

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih