Quality Time bersama Anak




Quality Time bersama si kecil, mungkin bisa menjadi alasan kita buat tetap di rumah aja. Kalau biasanya bagi ibu pekerja ketemu anak saat sore hari, sekarang bahkan 24 jam bisa bersama anak. Pun dengan ibu rumah tangga yang anaknya sudah mulai bersekolah, bisa lebih bisa memahami karakteristik anak. 

Waktu pertama kali anak libur sekolah awal maret lalu, saya lumayan kaget juga dengan segala hal tentang Umar. Bahwa umar ga suka belajar menulis dan mewarnai, tapi lebih suka gunting dan tempel. Begitu juga dalam pemilihan snack. Saya jadi dipaksa buat lebih paham lagi karakter Anak. Dalam Quality Time bersama si kecil ini ada beberapa hal yang saya lakukan mulai satu bulan yang lalu. 




Bermain Bersama si Kecil
Biasanya saya main sama Umar itu pagi hari. Kadang main guntingin kertas atau gambar dari buku - buku bermain umar semester lalu. Atau bulan lalu sempet main Kota Impian dari mami Ubi. Mayan lho buat buang waktu. Karena banyak yang di gunting dan di tempel. Kalo printable terasa berat di kantong sebenarnya bisa juga lho maen seadanya di rumah. Misal main bikin playdogh dari terigu, air dan minyak kan lumayan seru ya. 




Bantuin Pekerjaan Rumah

Kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah mengajak anak untuk ikut serta membantu pekerjaan rumah. Misalnya bantu setrika baju. Mungkin kesannya berbahaya ya, tapi kalo di awasi dengan betul dan kita kasih penjelasan secara detail akan jadi kegiatan yang menyenangkan. Ya meskipun ritme nya ga akan secepat kalo kita mengerjakan soal sendiri. 
Atau mungkin membantu menyapu halaman rumah sambil berjemur atau anak bermain tanah juga ga masalah kok. Asal sehabis itu cuci tangan dengan bersih dan bersihkan di sela sela kuku. 
Dengan melibatkan anak di pekerjaan rumah, di harapkan kelak akan menumbuhkan kemandirian dan rasa tanggap. 

Bikin Kue

Ada yang anaknya doyan ngemil kaya Umar? Dan adakah moms disini yang hobi bikin kue atau makanan?? Kalo ada, mungkin saatnya pendekatan dengan anak lewat bikin kue bareng. 
Umar sendiri biasanya bakalan bantu saya, kalo sedang membuat kue brownies kesukaannya. Meskipun cuma ngocok telur dan menunggu kue matang, tapi juga bisa menjadi jalan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 
Meskipun ya bikin kue nya pake jalan tol aja alias yang praktis aja bikin brownies pake nutricake aja hehehe. Tapi Alhamdulillah anaknya jadi tahu kalau mau apa - apa ga bisa instan, harus ada prosesnya. 

Murojaah Bersama

Ini sebenarnya agak tricky dan kadang tergantung mood. Cuman kalau kelamaan ga murojaah ya khawatir nanti lupa. Dan sekarang Umar paling seneng kalau Murojaah di rekam pakai anchor atau pun video untuk youtube. Duh anak sekarang ya… hehehe


Bacakan Buku Anak

Alhamdulillah Umar termasuk anak yang sudah terbiasa dengan buku anak. Kalau saya sedang ada pekerjaan biasanya dia bakalan asyik sendiri dengan Halo Balita dan Epen. Tapi kalau baca buku Wow Amazing Series dengan Epen biasanya saya dampingi karena ada beberapa permainan yang Umar masih belum paham. 



Karena bermain Epen dan buku Halo Balita dan Wow Amazing Series ga akan pernah bosen dech. Meskipun  kadang ya kita baca bobo edisi lama dan saya harus siap - siap dengan segala pertanyaan yang mungkin akan kepikiran sama Umar. 

Baca juga : Lima Alasan Beli Halo Balita MDS

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk bonding antara ibu ayah dan anak. Manfaatkan peralatan atau perlengkapan yang ada di rumah sehingga murah meriah dan tidak harus mengeluarkan banyak dana. 

Mudah - mudahan covid 19 usai dan kualitas hubungan kita dengan anak - anak menjadi lebih baik. 


No comments

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih