Tiga Tahapan Skincare untuk Pemula



Tiga Tahapan skincare untuk pemula ini mungkin udah banyak yang tahu ya, cuman kadang suka males aja kalo suruh praktekin. Bahkan ada yang sengaja cuman ingin hilangin keluhan flek atau jerawat tanpa mau melalui proses cleansing yang baik dan benar. 

Sebenarnya ga harus produk yang mahal - mahal juga untuk bisa menggunakan enam Tahapan Skincare Untuk Pemula. Karena sekarang banyak banget produk lokal yang mulai berani munculin aneka ragam produk skincare. 

Nah karena ini untuk pemula jadi produk sebenarnya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan  kulit dan juga kondisi kulit ya. Nanti kapan - kapan kita bahas produk yang lebih mendetail. 

Sebenarnya untuk basic banget ada enam tahapan untuk Skincare Pemula. Cuman buat yang waktunya sedikit dan budget minimal, bisa di coba dengan tiga bagian ini dulu ya. 

Tiga Tahapan Skincare Untuk Pemula


Cleansing

Tiga Tahapan Skincare untuk pemula yang pertama adalah Cleansing alias membersihkan muka. Sebagus apapun skincare yang akan di tempel di muka kamu, ga akan oprimal kalau mukanya masih kotor. Mungkin ga makeup tapi coba dech kalo di bersihkan pake micellar water atau oil pasti kapas juga bakalan kotor karena debu yang menempel di wajah.

Untuk Cleansing sendiri sebenarnya ada dua aktivitas yaitu First Cleansing dan second Cleansing. Kegiatan ini biasa di sebut Double Cleansing. Fungsinya agar maksimal dalam membersihkan muka dan menyiapkan muka untuk menerima skincare selanjutnya. Buat yang masih belum paham, saya jelaskan pelan pelan ya

First Cleansing

Tahapan ini termasuk dalam aktifitas Cleansing . Dulu cuman tau kalo mau bersihin muka ya pake facial foam. Atau mungkin pake milk cleanser dulu (ketahuan kan angkatan berapa hehehe). Dulu sepelein banget lah bab cuci mencuci muka. Apalagi kalau memang ga pake make up udah lah mending langsung facial foam terus bobo cantik. 


Tapiiiiii

Ternyata meskipun kita ga pake make up dan cuman pake sunscreen, ternyata belum bisa buat angkat kotoran yang terdalam. 

First Cleansing bisa dengan Cleansing oil, balm, Make up Remover, atau dengan Milk Cleansing juga bisa. 

Skincare pemula
First Cleansing yang sedang saya coba


Coba dulu dan rasain sensasi bersihnya. 

Saya sendiri pernah coba dua produk yaitu hadalabo dan biore Oil Make Up Remover. 

Second Cleansing
Aktivitas Doble Cleansing ini biasanya yaitu facial foam atau facial wash alias sabun pembersih muka. 

Untuk sabun pembersih muka ini, bisa di cari produk yang nyaman di kulit ya. Bersih bukan berarti kulit wajah ketarik lho. Karena itu malah bisa jadi kulitnya kekeringan. 

Facial wash


Reminder! 
Jangan terlalu sering buat cuci muka ya sist. Karena pernah baca dan denger kalo sering cuci muka itu akan merusak skin barrier kita. Jadi cukup dua kali sehari kaki di butuhkan. 

Kalo saya sendiri biasanya sore pas mandi sama sebelum tidur. Kadang kalo lagi sering di jalan ya pas mau dhuhuran. Tidak di sarankan untuk mencuci muka di pagi hari. 

Karena asumsinya kan kulit kita udah di rawat kan ya sebelum tidur. Jadi lagi bagus - bagusnya. Cukup cuci muka pake air aja sech. 

Hydrating / Moisturizing
 Tiga Tahapan skincare untuk Pemula selanjutnya yaitu Hydrating atau Moisturizing. 

Kalo memang budget ga ada, usahain buat masukin slot toner Hydrating dan juga Pelembab untuk melembabkan kulit yang habis di bersihkan. 

Tapi kalo ada budget bisa juga buat cobain enam Tahapan skincare dasar dengan masukin slot essense dan juga serum. 

Tapi saran saya sech kalo baru banget ngerawat muka jangan kemaruk dulu. Mubadzir kalo mandeg di tengah jalan. 

Cobain dulu yg simple kalo udah ngerasain beda nya, bisa tuch naik tingkat tahapan skincare nya. 

Kalo untuk malam, setelah pake pelembab bisa langsung tidur aja. 

Skincare untuk pemula


Tapi kalo pagi masih ada tahapan terakhir yang sangat penting, 

Protecting

Jadi gini sist, sebagus apapun produk skincare kita, atau sebanyak apapun skincare kita, kalau pagi nya ga di proteksi dengan yang namanya Sunscreen ya percuma sist. 

Kadang kita fokus pengin ngilangin bekas jerawat, flek hitam, tapi males pake sunscreen padahal produk skincare nya macem SK II yang hwakakaka. Emang eman sist… 

Jadi pake sunscreen ini hukumnya wajib bagi perempuan dan laki - laki. Kenapa?? 

Karena sunscreen ini yang akan melindungi kulit kita dari sinar UV. Dan jangan cuman sakdulit aja ya sist. Tapi minimal ya dua setengah jari lah. 




Daaan jangan lupa re apply sister ku sayang.   

Idealnya mah tiga sampai empat jam sekali ya. Tapi kalo memang aktifitas di rumah bisa lah reaply pas dhuhur hehehe *dikeplak rakyat jelita. 

Aku kan ibu rumah tangga, ga kena sinar matahari, masih harus pake Sunscreen??

Tetep harus pake ya mbak say, karena ketemu kompor gas masak juga bisa bikin kulit wajah juga bisa jadi penyebab flek hitam lho. Kalo kata suhu di grup rakyat jelita, selama masih ada matahari tetep pake sunscreen ya sist… 

Makanya karena paling cepet habis beli yang murah aja dech ah hwakakaka… 


Harus ya pake skincare??? 

Ya ga juga gpp sech… 
Tapi jangan heran lho kalo nanti pas usia menjelang empat puluh tahunan mulai ada flek atau kerutan halus dan permasalahan kulit lainnya. Sedangkan yang sudah merawat kulit dari usia muda masih kelihatan glowing tanpa make up saat mulai usia senja.


Gak ada budget bukan halangan kok.. 
Asal jangan pake produk abal - abal ya… 
Karena kulit sehat glowing itu ga instan tapi butuh konsisten dan telaten. 



Mudah - mudahan Tiga Tahapan Skincare untuk Pemula ini bisa bantu teman - teman yang mungkin lagi galau mau mulai darimana  dulu buat skincare an. 

Kalau teman - teman sendiri pake produk mana aja untuk skincare nya? Sharing dong. 

No comments

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih