Jualan lewat Online,Yuk!



Adakah mompreneur disini yang usahanya terkena dampak pandemi yang belum juga usai? Kayaknya semua sektor pasti merasakan hal yang sama ya. Apalagi untuk UMKM yang masih kecil dan bahkan yang baru berjalan. Nah, ternyata kita bisa lho mencoba hal yang baru untuk memaksimalkan penjualan kita. Jualan lewat online,yuk! Apalagi di masa PPKM yang sekarang sedang berlangsung untuk  penyebaran covid 19. Dan juga banyak masyarakat yang mulai mengurangi untuk pembelian Offline. Mau tidak mau sebagai pelaku usaha kita memang di tuntut untuk segera melakukan berbagai strategi agar penjualan meningkat dengan cara jualan Online. Apa saja ya platform yang bisa di gunakan?




Whatsapp



Kayaknya hampir semua orang memiliki aplikasi ini ya. Dan ternyata kita bisa lho memaksimalkan penjualan lewat wa story. Salah satu dari bagian whatsapp. Teman - teman bisa share foto jualan , tempat jualan atau sekedar menulis status hard selling atau soft selling dalam mempromosikan jualan.


Kunci dari jualan lewat whatsapp ini adalah daftar kontak. Jadi pastikan teman - teman memiliki daftar kontak yang banyak dan aktif. Dan jangan lupa juga untuk sering menyapa teman - teman saat mereka membuat  WA story.


Facebook


Coba siapa yang belum kenal dengan Facebook. Salah satu platform online yang saat ini masih berada di posisi teratas untuk sosial media.


Coba biasanya saat membuka Facebook apa yang kita lakukan atau cari? Cari tahu tentang kabar mantan?atau mungkin sekedar mencari teman ghibah???



Jangan ya sist bro….


Coba kita manfaatkan laman Facebook dengan menjadikan media jualan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam jualan di Facebook adalah pastikan teman - teman menulis secara detail tentang produknya. Karena Facebook ini mengutamakan tulisan daripada gambar.


Itulah kenapa kalau di Facebook selalu tulisan dulu baru gambar.


Sekarang pun banyak sekali grup grup Facebook yang menjadi lapak untuk jualan.


Teman - teman bisa ikut gabung di berbagai grup tersebut untuk menambah market pasar.


Kalau usahanya sudah mulai stabil,teman - teman bisa juga memanfaatkan Facebook Ads untuk jangkauan usaha yang lebih luas.


Instagram


Siapa yang sudah punya Instagram tapi cuman stalker mantan,artis bahkan akun gosip??


Duh sist, daripada lihat begituan mending Instagram nya kita optimasi untuk jualannya.


Karena banyak juga yang bisa di optimalkan penjualan melalui Instagram


Salah satu hal yang harus diperhatikan jika kita akan melakukan promosi atau penjualan melalui Instagram adalah siapkan foto atau gambar yang menarik. Berbanding terbalik dengan Facebook. Kalau kita perhatikan di feed Instagram yang pertama kali muncul adalah foto/gambar baru caption yang berisi penjelasan dari foto tersebut.


Memang butuh sedikit perjuangan ya untuk membuat gambar atau foto yang menarik. Tapi sekarang banyak juga aplikasi editing foto sederhana yang bisa dilakukan di handphone. 


Marketplace


Nah untuk marketplace ini ada banyak sekali pilihan yang bisa teman - teman pilih untuk berjualan. Tentu saja masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.


Saran saya untuk pemula fokuskan saja di satu marketplace sampai toko online mu mulai memiliki pasar. Maka bisa  untuk membuka di toko di marketplace lainnya.


Saya sendiri untuk Rumah Nasa Tegal menggunakan hanya satu marketplace yang di rasa paling mudah.  Untuk Rumah NASA sendiri ada beberapa produk yang menjadi unggulan seperti Cushion Looke atau pun skincare Lacoco. 


Tapi buat yang mencari kesehatan ada juga lho propolis dan NSTM. Dan untuk keromantisan pasutri ada juga Mak Urut atau MR.Big dari lacoco dan juga Crystal X untuk kesehatan reproduksi wanita.



Nah itu tadi beberapa platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan jualan dan bahkan sebagai media untuk berjualan. Seperti yang di sebutkan di atas setiap platform memiliki karakter yang berbeda dan pangsa pasar yang berbeda pula. Sehingga kita harus lebih tau apa yang sedang diinginkan.


Semoga tulisan Jualan Online,yuk ! Ini bisa memberikan manfaat untuk sist dan bro yang saat ini sedang merintis usaha online. Yuk kita sama - sama berdoa agar pandemi lekas selesai dan kita bisa beraktivitas dengan nyaman kembali.


Tidak ada komentar

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih