Jangan Lakukan ini Saat Teman Menawarkan Jualannya

 


Era pandemi kayak sekarang kayaknya membuat beberapa orang banting setir untuk berjualan ya. Atau bahkan yang sudah berjualan mulai intens dalam hal promosi dan jemput bola. Mungkin ada beberapa dari kita yang melihat status WA atau story' IG temen kita udah kayak awkarin titik titik banyak banget karena lagi promosi jualannya. Atau mungkin sering juga dapat japrian penawaran jualan dari teman. Nah kalo iya, Jangan Lakukan Hal ini Saat Teman Menawarkan Jualan. Kira - kira apa aja ya??




Minta Gratisan

Hayoo siapa yang suka minta gratisan kalo denger temen jualan atau saudara mulai jualan?



Please jangan ya…..

Bagi sebagian orang menawarkan jualan itu sesuatu hal yang sudah dilakukan. Apalagi kalau misalkan sebenarnya dia punya sifat pemalu atau pertama kali jualan. Lebih sedih lagi kalau dia belum ada penjualan lantas kita minta gratis.


Kalau memang belum ada dana untuk membeli minimal kasih respon yang baik agar teman kita bisa terus semangat dalam berjualan. Percaya deh antusias kamu dalam menanggapi promosi penjualan itu bikin dia happy.




Minta Diskon.

Ayo siapa yang suka dengan diskon??kayaknya semua orang juga suka ya dengan diskon tapi alangkah lebih baiknya jangan meminta diskon kepada temanmu yang mungkin baru berjualan atau memang yang sedang menawarkan jualan. Karena siapa tahu dia ambil untung ga banyak dan belum ada yang beli beberapa hari.


Percaya deh kalau kita ga rewel pasti temen juga bakalan kasih diskon sesekali. Tapi bukan berarti kita jadi suka minta diskon ya. 





Minta Resep

Nah buat yang jualan kuliner homemade pernah ga sih ada teman yang sebenarnya bisa beli jualan kita tapi malah minta resep.


Please ya sis,,,,tolong hargailah bagaimana temanmu berjuang untuk mencari resep yang pas. Belum lagi prakteknya juga butuh duit ya.


Jadi lebih baik untuk mencari sendiri resepnya,karena siapa tahu lho dapat resep yang lebih enak *canda Ding.


Kalau mau cara yang benar coba tanya apakah dia ikutan les online masak?Kalo iya mungkin dia akan kasih tahu tempat les nya. Jangan takut rezeki akan berkurang karena kadang resep yang ada dalam es bisa ditambah atau dikurangi bahan tertentu sesuai selera.


Justru dengan kita memberitahukan les masak dimana , kita jadi membantu juga kan kasih murid baru ke tempat les. Lagian berdasarkan pengalaman meskipun ada resepnya, tapi terkadang kurang sreg di lidah atau harganya. Jadi kita bisa mencoba utak Atik bahan sampai akhirnya bisa pas sesuai selera. *Iya ini pengalaman pribadi *




Tanya Supplier 

Nah buat emak emak reseller pasti tau banget betapa menguntungkannya menjadi tangan pertama di produk tertentu. Apalagi kalau misalkan range harganya lumayan ya.


Tapiiii bukan berarti juga harus tanya tanya urusan supplier ya . Bukan masalah takut rejeki dimakan orang,tapi masalah etika aja sih.


Kalau memang ingin jualan reseller yang harganya miring bisa cek cek aja dulu baru memutuskan untuk jualan. Lama kelamaan kalau memang berjodoh juga pasti ketemu supplier yang sesuai dengan kebutuhan.



Ada ga yang suka melakukan hal di atas?jangan ya gaes,apalagi di era pandemi kayak gini but UMKM lagi berusaha banget buat struggle dan putar otak buat survive. Apalagi kalau misal teman kita baru pertama kali jualan. Pasti lah butuh support dari kita.


Kalau jualan temen kita enak atau bagus ga ada salahnya juga buat bantu promosikan. Bisa lewat tag di sosmednya atau lainnya. Insya Allah 


Tidak ada komentar

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih