Henna Tangan Pelengkap Kecantikan




            Dulu banget salah satu keinginan saya pas nikah itu pengin banget di Henna Tangan. Perkaranya sepele gara gara jamam SMA ada temen orang Arab yang cerita habis ikut malam pacar buat sodaranya terus tangannya di hias henna minimalis bagus dech. Sayangnya jaman SMA dulu belum terlalu hits ya Henna Tangan. Jadi keinginan supaya tangan di hias cantik ala Henna harus di kubur dalam dalam tsah.

Apa itu Henna Tangan?


            Setau saya Henna sebuah tradisi yang berasal dari Timur tengah dan India sana. Ada yang menyebutkan nama Mahendi juga. Bisanya memang untuk perayaan khusus seprti pernikahan. Bisa dikatakan bahwa Henna Pelengkap Kecantikan pengantin. Bisa juga untuk dipakai sehari – hari tetapi tentu dengan motif yang berbeda. Kalau liat di gambar pinterest biasanya untuk pengantin india atau arab akan di buat corak Henna Tangan sampai siku, sedangkan untuk kakinya sampai lutut.

sumber : pinterest


            Henna Tangan sendiri juga sebenarnya ada di beberapa adat istiadat pernikahan di Indonesia. Bisanya disebut pacar inai. Salah satu contohnya adat istiadat pernikahan Minangkabau ada malam bainai (CMIIW). Dimana malam sebelum akad nikah saudara perempuan dan teman – temannya akan menghias tangan pengantin. Dan teman – teman perempuan pun akan melakukan hal yang sama tentu dengan corak yang berbeda. 

            Di beberapa referensi menyebutkan bahwa Henna Tangan dipercaya untuk menangkal aura jahat yang akan menempel pada sang pengantin. Ada juga yang menyebutkan bahwa Henna Tangan pada zaman Rasulullah sebagai penanda antara lelaki dan perempuan.

Apakah Henna Tangan Sah untuk Sholat?

            Kalau ada yang khawatir tentang sah atau tidaknya sholat bila di henna, ga perlu khawatir karena bahan pembuatan henna ini terbuat dari tumbuhan yang bernama Henna. Sehingga tembus kulit karena bahan – bahan alami. Dan sebenarnya jika sudah dua hari akan mulai memudar. Dan bisa dihilangkan dengan minyak zaitun atau bahkan minyak kayu putih.

Pengalaman pakai Henna Tangan


                Sedikit share pengalaman pakai Henna saat menikah tiga tahun yang lalu adalah like a dream. Meskipun tidak sampai kaki juga. Tadinya sempet was – was karena kulit tangan saya sawo matang, tapi namanya juga kepenginan ya hehehe. Akhirnya ketemu pembuat henna  instagram yang bisa buat Henna Tangan dan kebetulan dekat dengan rumah. Alhamdulillah hasilnya memuaskan dan berasa cantik aja gitu hehee. Karena beberapa tamu yang masih awam suka nanya tangannya di apain bagus dech hehehe. walaupun memang sampai hari H harus menjaga banget ga gosok pungung tangan terlalu keras.

            Sekali lagi Henna Tangan ini hanya pilihan pelengkap kecantikan buat kamu yang ingin tampil sempurna saat pernikahan. Ada juga calon pengantin yang ingin tangannya clean dan hanya kuku saja yang berwarna. Semua dikembalikan ke masing – masing pihak ya. 
dok  pribadi

White Henna


            Seiring dengan perkembangan jaman, Henna Tangan mulai berkembang sesuai dengan minat konsumen. Kayaknya setahun yang lalu mulai ada fenomena White Henna. Henna yang biasanya berwarna gelap atau cokelat , diganti dengan warna putih. Ada beberapa referensi yang say abaca kalau white henna ini menggunakan bahan body painting, jadi memang tidak tahan lama . maksimal sekitar 8 jam. Karena terbuat dari cat body painting maka tidak tembus kulit dan tidak sah untuk sholat. 
pinterest


            Semoga postingan tentang Henna Tangan ini bisa membantu teman – teman yang sedang mencari referensi tentang Henna Tangan. Oiya, adakah teman – teman yang pakai Henna Tangan? Share yuk..

           

Comments

Popular posts from this blog

Prosesi Pernikahan Adat Pinggiran Tegal

Cerita Tentang weton