Friday, 18 May 2018

Jangan Sia - Siakan Ramadanmu



                      

  Alhamdulillahirobil alamin akhirnya kita bisa bertemu kembali dengan bulan yang penuh kemuliaan, bulan yang penuh ampunan dan Allah membuka pintu Rahmatnya selebar – lebarnya. Bulan dimana Allah mendiskon segala amal ibadah yang kita lakukan. Ibadah sunnah pahalanya sama seperti ibdah wajib. Seperti tahun sebelumnya, setiap hari Insya Allah saya akan menulis tentang materi kuliah subuh yang di sampaikan di masjid dekat rumah. Siapa tahu mungkin ada teman – teman disini yang ingin butuh materi tersebut.

            Untuk hari pertama puasa, kebetulan ustad Nur Yasin yang menyampaikan ceramahnya. Beliau menyampaikan betapa beruntungnya kita yang masih dipertemukan dengan Ramadan. Karena banyak sekali saudar – saudara kita yang hampir saja bertemu Ramadan tapi Allah sudah cabut nyawanya. Kesempatan kita bertemu dengan Ramadan tiada lain karena kasih sayang Allah kepada kita untuk memberikan Ampunan di bulan Ramadan. Jadi sudah seharusnya kita memberikan yang terbaik untuk Ramadan tahun ini. Paksa diri kita untuk beribadah sunnah yang lain. Jangan sampai Ramadan tahun ini berakhir dengan kesia – siaan. Karena tidak ada yang pernah tahu akankah kita bertemu Ramadan tahun depan.
Baca Juga : Journal Ramadan
            Orang berpuasa bisa dibagi menjadi dua kelompok yang pertama adalah Orang yang berpuasa dan tidak mau membatalkan puasanya karena takut siksa neraka. Rasulullah berkata orang yang masuk kelompok ini masih memiliki Iman, walaupun termasuk orang yang merugi. Karena hanya menahan lapar dan haus, tanpa melakukan ibadah lain.
            Kelompok kedua yaitu Orang yang ikhlas menerima dan menyambut Ramadan.  Dia ikhlas dan menerima Ramadan dnegan cara memperbanyak ibadah sunnah karena mensyukuri kesempatan yang Allah berikan. Perbanyak Istighfar selama bulan Ramadan. Targetkan jumlah dzikir lebih banyak dari bulan selain Ramadan. Tanamkan di hati kita target Ramadan tahun ini agar lebih baik dari Ramadan sebelumnya.
            Rasulullah pernah berkata kepada sahabat – sahabatnya bahwa Setan meminta ijin kepada Allah SWT untuk terus menggoda manusia sela Ruh nya masih menempel di badan. Allah pun mengijinkan dan berkata kepada setan “AKU akan selalu mengampuni manusia yang bertobat”
            Ustad Nur Yasin pun menjelaskan tentang rasa malas yang ada dalam diri manusia ketika kana melakukan ibadah. Saat kita malas, ingatlah bahwa itu karena ada dosa kita yang menumpuk dalam bahu kita dan Allah belum mengampuni. Itulah kenapa saat ingin melakukan kebaikan terkadang pasti alasannya karena badan yang kurang enak (ini kok bener ya, kadang aku pun gitu L )
            Rasulullah bersabda “ Sesungguhnya tiap muslim akan selalu diberikan cobaan dari Allah selama ruh masih menempel di Badan. Tapi jangan bersedih karena saat kau sabar, maka Allah akan angkat 1 derajat kita lebih tingga dan menghapus 1 dosa kita.
            Jadi bersabarlah bila Allah beri ujian, karena semua mahkluk di dunia mendapatkan jatah cobaan dari Allah SWT termasuk Nabi Muhammad SAW. Saat ujian datang jangan lupa untuk terus berdzikir, karena jika ada yang mengucapkan sesuatu yang membuat Allah Ridho, maka Allah akan hadiahkan Surga untuknya.
            Mendengar ceramah ini memang membuat saya jadi merinding. Betapa usia itu emmang tidak ada yang pernah tahu. Padahal tinggal sehari lagi bertemu Ramada, tetapi Allah mencabut nyawanya. Betapa suatu rejeki yang tak terkira bertemu bulan yang penuh istimewa ini. Saya sempat sedih karena hari pertama datang bulan dan mau tidak mau target Ramadan dan Journal Ramadan mungkin akan terganggu. Tapi saya percaya ini sudah ketentuan Allah SWT. Berharap datang bulan ini tak terlalu lama. Alhamdulillah akhirnya bisa banyakin dzikir mengganti ibadah yang lain yang tidak bisa dilakukan. 


            Jadi, yuk kita manfaatkan sebaik – baiknya Ramadan tahun ini dengan melakukan ibadah – ibadah sunnah mendampingi ibadah wajib. Mudah – Mudahan postingan ini bisa memberikan manfaat buat teman –teman yang membaca ya. Kalau target Ramadan teman – teman tahun ini apa ? Sharing dong..

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih