Tuesday, 1 July 2014

Faedah berpuasa di Bulan Ramadhan



Kuliah Subuh #3 : Faedah Berpuasa di Bulan Ramadhan
            Assalamualaikum wr.wb
Kuliah subuh hari ini (selasa, 1/7/2014) di isi oleh ustad Mansyur Abdullah, beliau adalah kepala sekolah dari MI Ihsaniyah debong tengah. Kebetulan baru tahun ini beliau mengisi kuliah subuh di masjid Baitus Sholihin. Ceramah ustad Mansyur bisa di pastikan ga ada yang ngantuk hehehe.
            Kuliah subuh kali ini menceritakan tentang faedah berpuasa dan tentang sedikit kisah Nabi Adam AS. Kebetulan ustad yang satu ini suka ngalor ngidul dalam berceramah tapi tetap satu meaningnya.
            Beliau menceritakan tentang perbedaan puasa di jaman sebelum Nabi Muhammad SAW. Pada jaman nabi Adam AS puasa di laksanakan selama 30 hari tanpa makan dan minum. Kenapa hal itu terjadi? Ini di karenakan adanya peristiwa buah Khuldi.
            Suatu sore Nabi Adam AS berjalan berdua dengan Siti HAwa, kemudian karena godaan setan Nabi Adam dan Siti Hawa memakan Buah Khuldi yang juga di sebut dengan buah abadi. Malaikat Jibril melihat langsung berteriak “ Keluarkan”!!! sayangnya buah khuldi sudah masuk dalam tenggorokan nabi Adam dan sulit untuk di keluarkan (oleh karena itu para lelaki memiliki jakun). Sedangkan Siti Hawa langsung memakan dua buah dan terhenti di bagian dada (oleh karena itu terjadilah payudara). Di butuhkan waktu selama 30 hari untuk menghancurkan buah khuldi tanpa makan dan minum. Oleh karena itu pada masa Nabi Adam AS puasa dilakakukan selama 30 hari tanpa makan dan minum. Berbeda hal dengan puasa nabi Daud yang sehari puasa sehari tidak.
            Ada beberapa faedah berpuasa di bulan suci Ramadhan di antaranya adalah
            Pertama, Daging haram yang terdapat di badan bisa hancur karena puasa.
            Tanpa sengaja terkadang kita memakan barang yang haram atau subhat. Bukan berarti memakan barang yang di haramkan, tetapi cara memperolehnya. Puasa itu sendiri bisa di artikan pembakaran. Tidak jarang puasa di jadikan alasan untuk diet (akuuu kok tambah gendduudd). Salah satunya adalah apabila seseorang menginginkan jodoh maka ada baiknya berRiyadhoh puasa senin – kamis. Begitu juga bagi orang yang akan menikah (maakjlebb banget..nyindir aku aslinya hehehe)
            Kedua, Dekat dengan Rahmat Allah.
            Ketiga, Sholat Sunnah pahalanya sama seperti sholat wajib. Jadi bisa di bayangkan betapa sangat istimewanya bulan suci Ramadhan.
            Keempat, Allah memberikan perlindungan kepada orang yang beriman yang melaksanakan puasa. Salah satu contoh adalah biasanya kalau ga puasa ga sarapan maka pasti ga kuat kelaparan. Tetapi kalau puasa, karena sudah niat maka rasa lapar bisa di tahan. Semua karena niat. Kalau sudah niat maka Allah akan mempermudah puasa kita.
            Kelima, siksa di akhirat akan di ringankan.
            Keenam, akan di berikan nur (cahaya) saat berada Sidhrotul Muntaha.
            Ada beberapa yang tidak di beri keterangan karena waktu yang ternyata telah habis. Saya pribadi ga berani kasih keterangan takut salah.
            Oiya, tahukan teman – teman apa yang membuat orang puasa bahagia? Ada dua yaitu saat akan berbuka puasa dan di janjikan bertemu dengan Allah SWT.
            Dari tadi kita membahas tentang puasa, tahu ga rukun puasa itu ada berapa? Rukun puasa ada dua yaitu Niat dan hal – hal yang tidak membatalkan puasa.
            Demikian kuliah subuh tadi pagi, mudah – mudahan memberikan manfaat bagi kita semua. Amiiinnn..
            Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

Hei Terima kasih sudah berkunjung...
Jangan lupa tinggalkan jejak ya..nanti saya akan berkunjung balik...
please jangan tinggalkan link hidup..
Terima Kasih

 

Sample text

Sample Text